Waspada
Waspada » Jadilah Wartawan Berkompeten Dan Berakhlak
Aceh

Jadilah Wartawan Berkompeten Dan Berakhlak

Para penguji dan peserta UKW ke 12-13 usai mengikuti UKW, di Hotel Harmoni, Langsa, Selasa (30/3). Jadilah Wartawan Berkompeten Dan Berakhlak. Waspada/Munawar
Para penguji dan peserta UKW ke 12-13 usai mengikuti UKW, di Hotel Harmoni, Langsa, Selasa (30/3). Jadilah Wartawan Berkompeten Dan Berakhlak. Waspada/Munawar

LANGSA (Waspada): Setelah mengikuti ajang Uji Kompetensi Wartawan (UKW), seyogianya wartawan itu lebih berkompeten dan memiliki akhlak yang baik dalam kesehariannya serta hindari membuat berita hoaks.

Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman menegaskan saat menutup UKW Angkatan Ke-12 dan 13 yang berlangsung sejak Senin – Selasa (29-30/3) yang diikuti 42 wartawan seluruh Aceh di Hotel Harmoni, Langsa.

“Kiranya usai mengikuti UKW para wartawan agar menunjukkan dedikasinya ketika meliput di lapangan, tunjukkan etika yang baik, sopan serta jalankan tugas dengan sebenar-benarnya,” ucap Tarmilin.

Lanjutnya, sekitar 42 wartawan dari berbagai flatform media yang ikut UKW ini terbagi atas tiga kelas yakni jenjang Utama, Madya serta Muda, dengan harapan UKW ini menitikberatkan pada peningkatan kompetensi dan teruji.

Sementara itu, Perwakilan PWI Pusat, Dr Dedi Sahputra, lebih menekankan pada bagaimana mengelola diri sendiri dengan pengertian pengendalian emosi serta karakter seorang wartawan itu haruslah memiliki etika yang baik.

Hal lain, ungkapkan Dedi, untuk menjadi wartawan itu mudah dan siapa saja bisa, namun memiliki sebuah kompetensi itu yang sulit untuk diraih, oleh karenanya bagi rekan-rekan yang sudah ikut ajang UKW nanti menjadi bekal saat berada di lapangan dengan menunjukan jati diri yang baik.

Lalu, terlepas dari seorang penguji, dirinya juga menyatakan harus berbuat adil terhadap siapapun yang diuji, karena adil juga dinukilkan dalam Alquran sesuai dengan perintah Allah SWT.

“Selamat buat kawan-kawan yang sudah berkompeten dan bila belum berkompeten masih ada kesempatan lagi untuk mengikuti UKW yang sedianya selalu menjadi program PWI,” tandas Dedi.

Adapun penguji yang hadir yaitu, Ketua PWI Sumut Hermansyah, Sekjen PWI Sumut Edward Thahir, Ketua PWI Kepri Ramon, serta para Pengurus PWI Aceh.(b24).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2