Implementasi Program MBKM Studi Fisika Unsam Jalin Kerjasama Instansi Di Sumut

- Aceh
  • Bagikan

LANGSA (Waspada): Mengimplementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Universitas Samudra (Unsam) melalui Program Studi Fisika menjalin kerjasama dengan berbagai instansi di Sumut.

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan , Meilandy Purwandito, S.T, M.T melalui tim Prodi Fisika, Rabu (8/12) mengatakan, Universitas Samudra melalui Program Studi Fisika menjalin kerjasama dengan berbagai instansi di Sumut meliputi Balai Besar BMKG wilayah I, BPS Provinsi Sumut, Baristand Industri Medan, dan PT Extend.

Menurunya, kegiatan kerjasama antara universitas dengan instansi pemerintah dan swasta merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Selain itu, kegiatan kerja sama ini untuk Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Magang atau Praktik Kerja mahasiswa, Praktisi Mengajar dari instansi, Penelitian atau Riset mahasiswa, Kegiatan Wirausaha mahasiswa dan beberapa kegiatan lainnya.

Sementara Koordinator prodi Fisika, Fajriani, M.Si menyatakan, sebagai langkah awal penerapan MBKM kerjasama ini menjadi wadah kegiatan magang bagi mahasiswa serta praktisi mengajar yang memberikan ilmu langsung kepada mahasiswa tentang aplikasi fisika di dunia kerja.

“Prodi Fisika sedang giat mempersiapkan ikatan kerja sama dengan berbagai instansi dan dunia industri guna mengejar konsep kurikulum merdeka dan ketercapaian IKU Prodi,” tandas Fajriani.

Selain itu, Dosen Prodi Fisika, Rahmawati yang ikut dalam kegiatan kunjungan kerja sama juga mengatakan, kunjungan ini di terima dengan baik. Kedatangan kami diterima langsung Kepala Balai BMKG Wilayah I Bapak Hartanto S.T.M.M.

Beliau sangat senang atas kunjungan ini dan berharap dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pemanfaatan peralatan pengamatan Meteorology, Klimatologi, dan Geofisika, serta pemanfaatan data dalam kegiatan penelitian bersama.

Kunjungan ke BPS juga disambut langsung Kepala BPS Provinsi Bapak Dr Syech Suhaimi, SE, M.Si, beliau bahkan sangat antusias untuk menjalin Kerjasama dengan Prodi Fisika. Sedangkan di Baristand Industri Medan kunjungan diterima Ibu Dona Ria, beliau menjelaskan dengan baik tentang perumusan serta output dari kerjasama yang terjalin.

“Tujuan kerja sama pendidikan antara pendidikan tinggi dan berbagai Instansi merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kapasitas manusia dalam pembangunan dan sekaligus merupakan cara terbaik untuk memutus persoalan pembangunan,” sebutnya.

Selain itu, bangsa yang unggul ditandai oleh kehadiran industri/ perusahaan multinasional yang mempunyai daya saing global. “Oleh karena itu, kerja sama pendidikan antara pendidikan tinggi dan industri/perusahaan yang terbaik adalah ditujukan untuk mencetak angkatan kerja yang dapat mengisi kebutuhan industri/perusahaan,” tandasnya. (b13)

Waspada/dede
Universitas Samudra (Unsam) melalui Program Studi Fisika saat menjalin kerjasama dengan berbagai instansi di Sumut, Rabu (8/12).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *