IDI Cabang Pidie Gelar Seminar Dan Talkshow Peringati Hari AIDS Sedunia

- Aceh
  • Bagikan

SIGLI (Waspada): Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Pidie gelar Seminar dan Talkshow dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia Tahun 2021, di Aula Kantor Dinas Kesehatan daerah setempat, Rabu (1/12).

Acara dibuka secara zoom meeting oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie yang juga Ketua IDI Cabang Kabupaten Pidie, dr Arika Husnayanti Aboebakar, SpOG, K. Seminar ini menghadirkan nara sumber dr Yusmardy AB,SpPD-FINASIM, dan dr Faisal, SpA.

Dalam sambutannya, dr Arika Husnayanti mengatakan tema yang diusung pada peringatan Hari Aids Sedunia 2021 yaitu ‘ Akhiri Aids Cegah HiV Akses Untuk Semua’.

Sebut dia, tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan pada peringatan hari Aids Sedunia 2021, karena wabah virus Corona (Covid-19) belum berakhir. Namun, pihaknya tetap memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2021, meski dengan kegiatan terbatas berupa seminar dan talkshow.

Kata dr Arika, sekarang ini jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kabupaten Pidie berjumlah 67 orang. Pun begitu, penyakit AIDS tidak boleh dianggap remeh, karena penyakit yang disebabkan oleh virus HIV ini sudah menjadi ancaman sangat serius.

Sehingga melalui kegiatan seminar ini diharap bisa menekan penyakit HIV/AIDS. “ HIV/AIDS, ini diharapkan bisa dilakukan pencegahannya dengan melakukan edukasi, melakukan pencegahan dengan menjauhi narkoba, tidak melakukan sex bebas,“ katanya.

Beruntung di Kabupaten Pidie menerapkan Qanun Capin (calon pengantin). Qanun ini menurut dr Arika bisa mencegah orang terpapar HIV/AIDS. “Karena calon pengantin sebelum menikah, harus periksa dulu, terpapar HIV/AIDS atau tidak. Gunanya untuk mencegah penularan,” tutupnya. (b06)

Sejumlah dokter anggota IDI Cabang Kabupaten Pidie serius mengikuti seminar dan talkshow peringatan Hari Aids sedunia yang digelar di Aula kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, Rabu (1/12). Waspada/Muhammad Riza

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *