Waspada
Waspada » Ibrahim Latif, Tidak Ada Calo KTP Di Disdukcapil Langsa
Aceh Headlines

Ibrahim Latif, Tidak Ada Calo KTP Di Disdukcapil Langsa

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latif MM menyebutkan tidak ada Calo KTP di Disdukcapil Langsa. Waspada/Ist
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latif MM menyebutkan tidak ada Calo KTP di Disdukcapil Langsa. Waspada/Ist

LANGSA (Waspada): Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latif MM biasa disapa Wak Him menyatakan tidak ada lagi calo KTP karena pihaknya telah membersihkan para calo KTP yang bergentayangan di lingkungan Disdukcapil Kota Langsa.

“Kita telah bersihkan, baik dari kalangan pegawai maupun masyarakat yang coba-coba menjadi calo KTP di lingkungan Dukcapil Kota Langsa,” sebut Ibrahim Latif kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (23/10).

Dikatakan Ibrahim Latif, sebelumnya cukup banyak masyarakat bahkan ada pegawai yang menjadi calo dalam pengurusan KTP. Mereka meminta uang kepada warga dengan dalih uang administrasi yang diminta oleh pihak Capil.

Mendapat laporan seperti itu, kita membuat selebaran (pengumuman) dan membuat baliho-baliho dan spanduk bahwa pengurusan KTP-el dan semua administrasi kependudukan tidak dipungut biaya apapun alias gratis, katanya.

“Warga atau masyarakat yang mengurus KTP-el dan administrasi kependudukan lainnya kita persilahkan melalui loket pelayanan, jangan diurus melalui perorangan. Apabila melalui perorangan, bisa jadi itu calo,” kata Wak Him.

Selain itu, pihkanya menyarankan kepada masyarakat untuk tidak melalui perantara orang lain mengurus KTP-el dan administrasi kependudukan lainnya, terkecuali keluarga.

“Kalau disuruh orang lain yang mengurusnya, kita khawatir orang pasti minta jasa alias pungli atau calo. Datang saja sendiri atau keluarga ke loket pelayanan dan tak perlu pengantar dari geuchik,” imbuh Wak Him.

Lanjut Ibrahim Latif lagi, mengurus KTP tidak perlu pengantar dari geuchik, datang langsung ke loket pelayanan, bawa foto copy KK. “Direkam pagi, siang atau sore sudah siap KTP elektroniknya,” tukas Wak Him.

Jadi sekali lagi, jangan urus melalui calo. Blanko KTP El tetap tersedia. Jangan percaya, kalau ada yang bilang blanko KTP habis atau kosong. Insyaa Allah blanko KTP El tetap tersedia. “Yang bilang tidak ada blanko atau blanko habis, itu adalah calo,” sebut Ibrahim Latif.

Di samping itu, kalau ada pegawai saya atau petugas register atau pihak lain yang minta uang, atau mempersulit, memperlambat proses pengurusan, Pungli dan sebagainya, silahkan menghubungi nomor telepon/WhatsApp saya 082300033363, imbau Wak Him.

“Oknum yang mempersulit, yang Pungli dan sebagainya pasti kita tindak dan kita laporkan kepada pihak berwajib,” tandas Ibrahim Latif.

Untuk itu, pihaknya minta kepada siapapun, jangan coba coba menjadi Calo KTP, baik pegawai maupun masyarakat, pasti kita sikat. Kita tidak main-main, kalau pegawai Dukcapil yang menjadi calo, pasti kita tindak sesuai dengan peraturan kepegawaian dan kita proses sesuai dengan hukum yang berlaku, ujarnya

“Masyarakat yang menjadi calo juga kita proses sesuai dengan hukum yang berlaku,” tutup Ibrahim Latif.(b13)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2