Waspada
Waspada » Hutan Terbakar Di Kaki Gunung Gle Gunca Lhong
Aceh

Hutan Terbakar Di Kaki Gunung Gle Gunca Lhong

Petugas Damkar BPBD Aceh Besar melakukan penanganan pemadaman kebakaran hutan di sisi jalan lintas Banda Aceh- Calang, kaki gunung Gle Gunca, Gampong Meunasah Krueng Kala, Kecamatan Lhong, Aceh Besar, Senin (15/6). Waspada/Muhammad Zairin

KOTA JANTHO (Waspada): Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi jalan lintas nasional Banda Aceh – Calang, di kaki gunung Gle Gunca, kawasan Gampong Meunasah Krueng Kala, Kecamatan Lhong, Aceh Besar, Senin (15/6).

Pihak BPBD Aceh Besar menerima informasi kebakaran hutan yang luasnya diperkirakan setengah hektar tersebut pada pukul 12.32 Wib, yang dilaporkan Keuchik Gampong Krueng Kala, Safriadi.

“Lokasi terbakar merupakan hutan yang penuh dengan semak belukar serta dedaunan kering sehingga sangat mudah terbakar. Kondisi lahan yang kering, api juga begitu mudah menjalar dan menyebar ke beberapa titik,” ungkap Farhan AP, Kalaksa BPBD Aceh Besar.

Kata ia, penyebab kebakaran sudah dalam penanganan pihak yang berwajib dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tetsebut. Petugas Damkar BPBD Aceh Besar Pos Lhong  mengerahkan satu unit armada pemadam ke lokasi untuk melakukan penanganan kebakaran lahan itu.

Dalam penanganan Karhutla itu petugas damkar BPBD Aceh Besar ikut dibantu personil TNI-Polsek dari Koramil dan Polsek Lhong serta warga yang ikut melakukan pemadaman secara manual.

“Api dapat dipadamkan pada pukul 12.55 Wib,” sebut Farhan yang mengimbau masyarakat tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan, apalagi dilakukan di area terbuka tanpa pengawasan yang dapat merugikan semua pihak. (b05)

 

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2