Waspada
Waspada » Hujan Deras Rendam Halaman MAS Al-Falah
Aceh

Hujan Deras Rendam Halaman MAS Al-Falah

Halaman gedung Madrasah Tsanawiyah Swasta (MAS) Al- Falah, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie terendam banjir, Sabtu (5/12). Waspada/Muhammad Riza
Halaman gedung Madrasah Tsanawiyah Swasta (MAS) Al- Falah, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie terendam banjir, Sabtu (5/12). Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pidie sepekan terakhir ini, menyebabkan beberapa wilayah terendam banjir.

Salah satunya terjadi di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MAS) Al- Falah, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie. “Sekolah MAS Al-Falah, ini hampir satu minggu tutup karena terendam banjir,” kata Isan Musana, warga Gampong Mamplam, Kecamatan Simpang Tiga, Sabtu (5/12).

Banjir setinggi 50 cm, yang merendam halaman bangunan MAS Al-Falah, kata Isan Musana, disebabkan meluapnya air dalam payau yang letaknya tidak jauh dari bangunan gedung sekolah tersebut. Efek banjir luapan ini juga menggenangi bandan jalan Mantak Tari – Gampong Pante, Kecamatan Simpang Tiga.

Isan menyarankan pihak sekolah dan pemerintah Kecamatan Simpang Tiga perlu segera mengambil sikap supaya aktivitas sekolah, seperti belajar mengajar tidak lama terhenti karena banjir luapan itu.

“Kami pikir pemerintah dan pihak sekolah ini perlu segera berbuat agar air yang menrendam halaman sekolah bisa surut. Kasihan kan anak-anak sekolah hampir satu minggu ini libur lantaran halaman sekolah ini terendam banjir,” katanya.

Menurut dia, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggali tanggul pada embung yang letaknya dekat lapangan bola voli. Dengan digali tanggul dan dipasang gorong-gorong pada pematang embung tersebut, air luapan bisa dialurkan ke dalam embung.

“Air itu meluap akibat air dalam payau. Sementara air di dalam embung tidak bisa lagi dialiri karena pematang embung terlalu tinggi. Jadi perlu digali tanggul, selanjutnya dipasang gorong-gorong agar air mudah dialirkan,” ujarnya.(b06)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2