Waspada
Waspada » HMI Bagi Masker Gratis Pasien RSUTP Abdya
Aceh

HMI Bagi Masker Gratis Pasien RSUTP Abdya

Pengurus HMI Cabang Abdya, membagikan masker kepada para pasien rawat jalan di RSUTP Abdya, Senin (13/4).Waspada/Syafrizal
Pengurus HMI Cabang Abdya, membagikan masker kepada para pasien rawat jalan di RSUTP Abdya, Senin (13/4).Waspada/Syafrizal

BLANGPIDIE (Waspada): Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Cabang Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (13/4), membagi ratusan masker secara gratis, kepada ratusan pasien rawat jalan, yang datang berobat di Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP).

Mursalin, Ketua HMI Cabang Abdya di lokasi mengatakan, masker menjadi salah satu alat pelindung diri, guna mencegah penularan covid-19, yang sekarang ini dangat mengkuatirkan seluruh daerah yang ada di Indonesia, bahkan dunia. Namun fakta di lapangan, masih banyak juga warga yang enggan memakai masker, saat keluar dari rumah.

Meski masker kain hasil jahitan, banyak dijual di pasar Blangpidie, namun masih banyak juga warga yang tidak terlalu peduli, apalagi untuk ikut membeli.

Membuka Donasi Secara Internal

Untuk itu, HMI Cabang Abdya bersama Lembaga SPMA-Aceh, berikhtiar dengan membuka donasi secara internal, untuk membagikan masker kain secara gratis kepada masyarakat, terutama yang hari ini sedang menjalani rawat jalan di RSUTP Abdya.

Masker tersebut juga diberikan kepada sejumlah perawat setempat, yang terlihat tidak menggunakan masker.

Mursalin mengatakan, saat ini jumlah pasien positif corona di Indonesia, sudah mencapai angka 4.241 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 373 orang meninggal dunia, pasien sembuh bertambah menjadi 359 orang.

“Angka sebanyak itu harus menjadi alarm bagi kita semua untuk menjaga diri, keluarga dan lingkungan, agar tidak tertularnya virus mematikan tersebut,” ungkapnya.

Pembagian masker hari ini lanjutnya, khusus di kawasan RSUTP saja. Karena rumah sakit ini juga merupakan salah satu yang ditunjuk, dalam penanganan Covid-19. Dengan pembagian masker, dapat menyadarkan masyarakat untuk memakai masker di kawasan rumah sakit.

Di samping itu, rumah sakit juga merupakan tempat berkumpulnya berbagai macam penyakit, maka mencegahnya dari awal itu lebih baik dari pada mengobati.

Mursalin menambahkan, menggunakan masker merupakan salah satu upaya pencegahan, sebelum wabah itu mengenai diri sendiri.

“Maka dari itu, gunakan masker untuk melindungi diri kita, dari penyebaran virus yang sangat berbahaya, tidak mesti corona saja, termasuk virus penyakit lainnya juga. Apalagi corona ini menyerang pernafasan, maka sangat perlu masker,” katanya.

Pihaknya berharap, ditengah wabah corona yang masih melanda, masyarakat tetap disiplin dan patuh terhadap himbauan pemerintah, mulai dari menjaga kebersihan, menjaga jarak fisik, hindari kerumunan dan selalu memakai pelindung seperti masker, saat berpergian keluar rumah.(cza)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2