Waspada
Waspada » Harimau Sumatera Ditemukan Mati, Tim Dokter Lakukan Nekropsi
Aceh Headlines

Harimau Sumatera Ditemukan Mati, Tim Dokter Lakukan Nekropsi

Polda Aceh didesak usut kematian harimau di Aceh Selatan. Waspada/Ist
Polda Aceh didesak usut kematian harimau di Aceh Selatan. Waspada/Ist

ACEH SELATAN (Waspada): Seekor harimau Sumatera ditemukan mati, tim dokter lakukan nekropsi.

Seeokor harimau berjenis kelamin betina ditemukan mati dalam lahan perkebunan, di Desa Kapak Sesak, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, bangkai harimau Sumatera itu awalnya ditemukan salah seorang warga yang kebetulan melintas, Minggu (28/6). Lalu diinformasikan ke aparat desa setempat untuk diteruskan ke pihak kepolisian dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

Sumber Waspada yang dikonfirmasi melalui pesan elektronik menyebutkan, petugas BKSDA Aceh bersama pihak kepolisian setempat sudah berada di lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan kebutuhan identifikasi.

Bahkan, BKSDA Aceh kini sudah mengirimkan tim kesehatan untuk melakukan nekropsi terhadap bangkai harimau Sumatera itu.

“Iya benar, tim dokter dari BKSDA Aceh sedang meluncur ke lokasi dan akan bergabung dengan tim yang sudah ada di lokasi,” demikian Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto, S.Hut.

Disinggung penyebab kematian, Agus menambahkan, dirinya masih menunggu hasil nekropsi untuk mengetahui dugaan penyebab kamatian satwa harimau Sumatera itu. “Kita tunggu hasil nekropsi dulu,” tulis Agus Arianto.

Sebagaimana diketahui, harimau Sumatera atau panthera tigris sumatera adalah subspesies harimau yang habitat aslinya di pulau Sumatera dan merupakan satu dari enam subspesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini.

Satwa dilindungi ini termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah dalam daftar merah spesies terancam dengan populasi liar antara 400-500 ekor, terutama hidup di taman-taman nasional di Sumatera. (b11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2