Harga Minyak Goreng dan Cabai Rawit Meroket

- Aceh
  • Bagikan

LANGSA (Waspada): Harga minyak goreng curah maupun dalam kemasan mengalami kenaikan drastis dan begitupula dengan cabai rawit kian pedas harganya di pusat pasar Kota Langsa, Selasa (7/12).

Harga minyak goreng dalam kemasan 1000 Ml mencapai Rp19 ribu yang biasanya hanya sekitaran Rp15 ribu, sedangkan minyak goreng curah naik hingga Rp18.500/Kg, sebelumnya hanya di kisaran Rp12 ribu/Kg.

Harga cabai rawit di pusat pasar Kota Langsa juga mengalami kenaikan yang signifikan mencapai Rp48 ribu/Kg.

Seorang pedagang, Deni menyatakan kenaikan harga minyak goreng sudah terjadi sejak beberapa pekan dan belum juga turun.

“Sudah hampir beberapa pekan harga minyak goreng dan cabai rawit mengalami kenaikan cukup tinggi, sedangkan kebutuhan sembako lainnya masih biasa,” ujar Deni.

Sementara itu, Kadis Koperindagkop dan UKM Kota Langsa, Mahlil, membenarkan harga minyak goreng kian mahal di Kota Langsa dan hampir menyeluruh di semua daerah.

Kenaikan itu dipengaruhi stock barang kian menepis, juga daya beli kelapa sawit dunia mahal.

Lanjut Mahlil, adapun langkah yang harus diambil adalah melakukan operasi pasar untuk menggenjot dan menstabilkan harga barang serta adanya subsidi dari pemerintah.

“Satu-satunya jalan adalah melakukan operasi pasar disertai subsidi silang agar harga stabil dan butuh sentuhan tangan pemerintah,” tutur Mahlil. (crp)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *