Harga Daging Di Sabang Rp180 Ribu/Kg

  • Bagikan

SABANG (Waspada): Harga daging meugang di Sabang mencapai Rp 180.000/Kg. Pada hari meugang pertama harganya bervariasi ada yang menjual Rp170 ribu dan ada yang menjual Rp180 ribu/kg.

Sebanyak 58 ekor sapi dan dua ekor kerbau disembelih pada hari meugang dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau 2022 di Kota Sabang.

“Pada meugang pertama kami mendata ada 31 ekor sapi dan satu ekor kerbau yang disembelih. Sementara meugang kedua ada 27 ekor sapi dan satu ekor kerbau,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang, Fakri SE MAP, Minggu (1/5/2022).

Fakri menjelaskan sebelum penyembelihan pihaknya memastikan sapi dan kerbau telah dinyatakan sehat. Daging yang disembelih dalam dua hari meugang ini juga terbebas dari kasus fasciola hepatica atau cacing hati.

Menurutnya, kualitas daging yang diperjualbelikan terjamin bagus, karena pihaknya sudah memeriksa dengan seksama, mulai dari surat kesehatan ternak dan kondisi ternak baik sebelum maupun sesudah disembelih.

“Semua ternak tersebut, tentunya sudah kami cek sebelum maupun sesudah disembelih, Alhamdulillah semuanya sehat. Insha Allah semuanya sudah aman,” ujarnya.

Dia menambahkan, harga daging pada meugang pertama dan kedua ini berkisar Rp170 ribu – Rp180 ribu per kilogram dengan jumlah pedagang, pada meugang pertama terdapat 27 orang, sedangkan meugang kedua jumlah pedagang hanya 24 orang.

Sedangkan untuk harga kebutuhan pokok di Sabang dalam kategori stabil, meski terdapat sedikit kenaikan harga pada beberapa komoditi dibanding hari biasanya seperti ayam broiler, bawang merah, cabai hijau, cabai merah, telur ayam dan emping melinjo. (b18)

Teks foto: Suasana meugang Idul Fitri di Sabang. Waspada/T. Zakaria Al Bahri

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.