Waspada
Waspada » Habib Muhammad Al Attas Wafat 
Aceh

Habib Muhammad Al Attas Wafat 

RATUSAN jamaah membawa jenazah Habib Muhammad Al Attas, ketika hendak dishalatkan di Masjid Ba’alawi di Desa Pucok Alue Dua, Simpang Ulim, Aceh Timur, Senin (18/1). Waspada/M. Ishak

IDI (Waspada): Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun. Satu persatu ulama di negeri ini dipanggil menghadap Ilahi.

Belum lama berpulangnya kerahmatullah Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf dan beberapa ulama lain, kini giliran Habib Muhammad Bin Ahmad Al-Attas, menghadap Allah SWT, Senin (18/1) sekira pukul 00:05.

Ulama kharismatik Aceh ini meninggal dunia usai meresmikan Masjid Ba’alawi sekaligus menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Pucok Alue Dua, Simpang Ulim, Aceh Timur, Minggu (17/1).

Ribuan jamaah ikut melayat dan ikut menghantarkan proses fardhu kifayah ulama kelahiran 1942 itu.

Bahkan jamaah yang menyalatkan almarhum Habib Muhammad Al Attas juga silih berganti di dalam masjid yang didirikan dan diresmikan 12 jam sebelum dipanggil ke sisi-Nya.

Usai dishalatkan, jamaah kemudian mengantarkan jenazah almarhum ulama kharismatik ini ke tempat peristirahatan terakhir di Komplek Masjid Ba’alawi, di Dusun Jeruk, Desa Pucok Alue Dua, Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur.

“Kita merasa kehilangan dan masyarakat di Aceh sangat terkejut dan hampir tidak percaya saat awal menerima kabar duka ini, karena sehari siang hari (Minggu—red) Habib Muhammad Al Attas, baru saja meresmikan masjid,” kata Zulkhaidir, jamaah yang hadir.

Hal serupa juga diutarakan Tgk. Mahyuddin, jamaah asal Idi Cut. Dia mengaku langsung melayat usai menunaikan salat subuh setelah membaca kabar duka dari pesan WhatsApp.

“Antara ya dengan tidak tidak. Tapi inilah kehendak Allah dan semua kita juga tetap akan kembali kepada-Nya,” kata Tgk. Mahyuddin.

Informasi meninggalnya Habib Muhammad Al Attas beredar cepat secara berantai melalui berbagai media social (medsos).

Mayoritas penerima pesan duka tersebut tersentak, karena belum 24 jam Habib Muhammad Al Attas, memimpin peresmian Masjid Ba’alawi.

Kehilangan
Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM. Thaib SH, terpisah kepada Waspada mengatakan, dirinya merasa kehilangan atas meninggalnya Habib Muhammad Al Attas di daerahnya.

“Semoga amal ibadah Habib Muhammad Al Attas diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan tetap sabar atas ujian ini,” kata bupati yang akrab disapa Rocky.

Politisi Partai Aceh (PA) ini juga berharap masyarakat terus meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT sebagai sang pencipta alam semesta.

“Dunia ini hanya tempat persinggahan sementara dan setelah kematian kita semua akan menuju ke negeri akhirat yang kekal selamanya. Mudah-mudahan kita semuanya husnul khatimah,” demikian Rocky.

Dari beberapa sumber disebutkan, Masjid Ba’alawi hanya tiga di dunia, pertama di Yaman, tepatnya di Tarim. Lalu di Singapura, dan ketiga di Aceh, tepatnya di Simpang Ulim, Aceh Timur.

Sekedar informasi bahwa Habib Muhammad Al Attas, merupakan putra dari pasangan Habib Achmad Bin Husin Al Attas – Syarifah Asyura Binti Hasan Al Kaff.

Habib Muhammad Al Attas mempunyai lima saudara dan semua saudaranya wafat sebelum Habib Muhammad Al Attas beranjak dewasa. (b11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2