GSMS Aceh Singkil Sebar 40 Seniman Kenalkan Budaya Ke Sekolah
banner 325x300

GSMS Aceh Singkil Sebar 40 Seniman Kenalkan Budaya Daerah Ke Sekolah

  • Bagikan
Kadisdikbud Khalilullah memberikan pemaparan untuk perumusan RPP bersama para seniman, di Gedung Seni Budaya, Senin (5/7). GSMS Aceh Singkil Sebar 40 Seniman Kenalkan Budaya Daerah Ke Sekolah. Waspada/Arief H
Kadisdikbud Khalilullah memberikan pemaparan untuk perumusan RPP bersama para seniman, di Gedung Seni Budaya, Senin (5/7). GSMS Aceh Singkil Sebar 40 Seniman Kenalkan Budaya Daerah Ke Sekolah. Waspada/Arief H

SINGKIL (Waspada): Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merekrut sebanyak 40 seniman yang akan diterjunkan ke sekolah-sekolah di Kabupaten Aceh Singkil.

Program Kemendikbud dalam Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) ini, bertujuan untuk mengangkat dan mengenalkan kembali budaya dan kesenian daerah Kabupaten Aceh Singkil kepada siswa-siswi sekolah tingkat SD dan SMP.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Singkil Khalilullah melalui Kabid Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil M Najur, Selasa (6/7) kepada Waspada.id mengatakan, kegiatan Kemendikbud khusus bidang kebudayaan yang mengikuti program GSMS se-Aceh hanya Aceh Singkil yang masuk sebanyak 40 orang.

Kegiatan bertujuan untuk melestarikan budaya dan kesenian daerah Aceh Singkil yang mulai pudar, kepada siswa-siswi di sekolah-sekolah yang sudah melakukan MoU.

Di samping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk berperan aktif melibatkan para seniman dalam meningkatkan pendidikan sekaligus mengangkat kesejahteraan para seniman.

Para seniman yang ikut dalam progam GSMS merupakan seniman berbakat, yang ditugaskan untuk mengembangkannya kepada siswa-siswi di sekolah.

Disdikbud yang melibatkan tim perumus dari peggiat budaya Aceh Singkil, dan para seniman menggelar pertemuan untuk membahas dan pendalaman rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di Gedung Seni Budaya Aceh Singkil, Senin (5/7) yang dibuka langsung Kadis Dikbud Aceh Singkil Khalilullah.

Selanjutnya, para seniman ini akan mulai menyebar pada pertengahan Juli 2021 mendatang ke sebanyak 40 sekolah setingkat SD dan SMP melatih para siswa selama 4 bulan.

Ada 8 bidang seni yang masuk dalam program GSMS Aceh Singkil dan akan diajarkan sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) meliputi, Seni Suara, Seni Lukis, Seni Teater, Seni Media, Seni Tari, Seni Rupa, Seni Musik dan Seni Sastra, terang Najur. (B25)

 

  • Bagikan