Waspada
Waspada » GMBI Distrik Nagan Raya Dampingi Warga Serahkan Berkas Penyalahgunaan DD
Aceh

GMBI Distrik Nagan Raya Dampingi Warga Serahkan Berkas Penyalahgunaan DD

GMBI Distrik Nagan Raya mendampingi warga desa Alue Seupeung dalam penyerahan berkas penyalahgunaan Dana Desa yang diterima Kanit Tipikor Polres Nagan Raya, Selasa (22/9). Waspada/Muji Burrahman 
GMBI Distrik Nagan Raya mendampingi warga desa Alue Seupeung dalam penyerahan berkas penyalahgunaan Dana Desa yang diterima Kanit Tipikor Polres Nagan Raya, Selasa (22/9). Waspada/Muji Burrahman 

NAGAN RAYA (Waspada): GMBI Distrik Nagan Raya mendampingi warga Desa Alue Seupeng Kecamatan Tadu Raya dan aparatur desa menyerahkan berkas penyalahgunaan Dana Desa (DD) ke Polres Nagan Raya yang diterima langsung Bripka Trian Kurniawan, Kanit Tipikor, Selasa (22/9).

Selama ini warga mengaku bahwa Kades Alue Seupeung dalam penggunaan DD terkesan tidak terbuka. Menurut masyarakat dan sejumlah aparatur desa, harusnya Kades terbuka dalam penggunaan DD kepada masyarakat. “Sehingga, masyarakat mendapatkan informasi yang benar terhadap penggunaan dana desa tersebut,” ungkap Tuha Peut Taufik bersama masyarakat.

Didampingi Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM- GMBI) Distrik Nagan Raya, warga memberikan data DD ke pihak kepolisian.

Ketua Distrik LSM GMBI Distrik Nagan Raya Syamsul Arif menjelaskan, pihaknya hanya mendampingi masyarakat, tentunya setelah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Tadu Raya terkait keluhan masyarakat.

Laporan masyarakat tersebut diterima langsung Polres Nagan Raya, pihaknya berharap upaya itu dapat menemui titik terang ke depannya.

“LSM GMBI hanya mendampingi penyerahan dokumen indikasi atau dugaan korupsi dana desa 2016-2018. Tujuan penyerahan dokumen agar jelas dan tidak terjadi kesalah pahaman di kalangan desa sehingga masyarakat akhirnya berkelompok dan mudah-mudahan ada keterbukaan tentang dana desa,” jelas Syamsul Arif.

Arif juga mengharapkan, agar ke depanya bisa berjalan sebagai mana diatur dalam peraturan Kementerian desa, tentang penggunaan dana desa dan peraturan perundang-undangan yang ada dan tentunya mengacu pada Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik.

Sementara Kapolres Nagan Raya AKBP Risno SIK melalui Kasat Reskrim Fadillah Adtya Pratama SIK dikonfirmasikan Waspada, Selasa (22/9) membenarkan adanya penyerahan berkas tentang dugaan penyalahgunaan DD dari masyarakat Desa Alue Seupeung.

“Benar ada laporan dan penyerahan berkas tersebut dari Warga Desa Alue Seupeung,” kata AKP Fadillah.

AKP Fadillah menambahkan, berkas ini nanti akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut jika terbukti adanya dugaan tersebut akan dilakukan pemanggilan.(b22)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2