Waspada
Waspada » Gajah Liar Rusak Perkebunan
Aceh Headlines

Gajah Liar Rusak Perkebunan

Salah satu pondok warga dirusak kawanan Gajah Sumatera di Desa Sri Mulyani, Peunarun, Aceh Timur, Rabu (13/1). Gajah Liar Rusak Perkebunan. Waspada/Ist
Salah satu pondok warga dirusak kawanan Gajah Sumatera di Desa Sri Mulyani, Peunarun, Aceh Timur, Rabu (13/1). Gajah Liar Rusak Perkebunan. Waspada/Ist

IDI (Waspada) : Puluhan ekor Gajah Sumatera kembali memasuki perkebunan warga di sejumlah desa dalam Kecamatan Peunarun, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (13/1) sore.

Selain merusak lahan pertanian warga, kawanan Gajah Sumatera juga melenyapkan lahan kebun perusahaan swasta, seperti kebun PT Mopoli Raya. Diperkirakan, jumlah Gajah Sumatera yang masuk dan bersarang di perkebunan ini mencapai 30 ekor.

“Sekitar 30 ekor Gajah Sumatera masuk ke perkebunan warga di Sri Mulia kemarin. Dampaknya, warga resah dan khawatir keselamatan jiwa,” kata Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, SIK, MH, melalui Kapolsek Serbajadi AKP Justin Tarigan, SH, kepada Waspada.id, Kamis (14/1).

Dia menambahkan, tanaman warga yang dirusak antara lain sawit, pisang, kakao, dan kelapa. Sementara lahan perkebunan milik perusahaan swasta yang menjadi sasaran adalah sawit dan karet.

“Saat ini mahoet (pawang gajah–red) bersama Ranger Forum Konservasi Leuser (FKL) sedang melakukan observasi untuk dilakukan penggiringan ke habitatnya,” tutur Justin seraya menambahkan, sejumlah pondok warga juga dirusak po meurah itu.

Tetapi, lanjut dia, belasan ekor Gajah Sumatera dalam kelompok yang berbeda mulai mengarah ke kawasan hutan produksi. “30 ekor ini terbagi dalam dua kelompok besar, salah satu kelompok sudah mengarah ke hutan produksi setelah dihalau petugas CRU Serbajadi dengan Ranger FKL,” demikian AKP Justin Tarigan. (b11).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2