Waspada
Waspada » Forum Komunitas Hijau Bersihkan Pantai
Aceh

Forum Komunitas Hijau Bersihkan Pantai

SUASANA pembersihan Pantai Sinta Ria Ie Meulee Sabang. Waspada/T. Zakaria Albahri

 

SABANG (Waspada): Forum Komunitas Hijau (FKH) Teurawah mengawali 2021 dengan kegiatan aksi bersih pantai sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Pantai Sinta Ria Ie Meulee Sabang Minggu (14/2) yang melibatkan Pemerintah Gampong Ie Meulee dan sejumlah komunitas lainnya di Kota Sabang dengan tema “Silahturahmi terbina, lingkungan terjaga”, dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Ketua FKH Teurawah, Irwan Mahdi mengatakan, sebagian besar pantai di Sabang sudah bersih karena dekat dengan penginapan dan warung milik masyarakat, akan tetapi ada beberapa pantai masih butuh perhatian karena sebagian besar sampah bawaan dari laut atau musiman.

“Pantai Sinta Ria setiap Minggu ramai pengunjung tapi di sekitar pantai ini belum ada orang yang berjualan makanya sampah masih banyak berserakan dan sebagian besar sampah bukan milik wisatawan akan tetapi berasal dari laut atau sampah kiriman,” kata Irwan.

Dijelaskan, pada kegiatan ini FKH Teurawah juga mengundang beberapa instansi terkait dan komunitas untuk ikut berpartisipasi dalam aksi bersih pantai di antaranya DLHK, Pemerintah Gampong Ie Meulee, Kwarcab Pramuka, PMI, Komunitas Sepeda WBMC, Komunitas Sepeda KPK, Komunitas sepeda GoCan, Komunitas Bonsai Sabang, Komunitas Touring Motor Sabang, Pemko FC, Perbasi Sabang, Mahasiswa KKN USK, FKPPI, GenPi Sabang, KMS Sabang dan, Selaksa Nusa Production.

Irwan menjelaskan, sampah tersebut dibagi menjadi dua di mana sampah plastik, kulit buah kelapa akan dibawa ke tempat pembuangan akhir dan sampah kayu akan dikumpulkan dan diberikan kepada pengusaha batu bata agar bisa dijadikan kayu bakar, beberapa kayu akan dijadikan karya seni oleh pemilik home stay.

“Sampah ini kita bagi, untuk sampah plastik akan kita bawa ke tempat pembuangan akhir, kalau sampah kayu akan kita berikan ke pemilik home stay dan pengusaha batu bata, selanjutnya kita akan duduk bersama Keuchik Gampong Ie Meulee untuk membahas tentang kebersihan Pantai Balee Pasie,” jelasnya.

Keuchik (Kades) Gampong Ie Meulee, M. Sukmadi mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih atas kepedulian dari sejumlah komunitas yang ada di Sabang terutama FKH Teurawah yang memotori kegiatan aksi kebersihan di wilayah Gampong Ie Meulee.

Menurutnya, Pantai Sinta Ria Balee Pasie Ie Meulee saat ini diminati oleh masyarakat lokal dan kegiatan seperti ini perlu dilakukan mengingat pasca pandemi sektor pariwisata di Kota Sabang mengalami penurunan, dengan kegiatan ini diharapkan dapat memicu pengelola pariwisata dapat membuka diri untuk kunjungan wisatawan, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Saya secara pribadi mengucapkan terimakasih kepada rekan–rekan komunitas, pasca pandemi sektor pariwisata sempat tertidur, namun demikian semangat dari sejumlah kominitas disabang patut diapresiasi,” ujar Sukmadi.

Sukmadi juga mengatakan, pada saat ini Gampong Ie Meulee sudah memiliki kelompok pembersih pantai yang terdiri lima orang.

“Namun jumlah itu masih terbatas karena disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki,” ucapnya lagi.(b18)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2