Waspada
Waspada » FKSDL Dukung Pemindahan Balai Besar TNGL
Aceh

FKSDL Dukung Pemindahan Balai Besar TNGL

Sekretaris FKSDL, Reza Arizqi. Waspada/Ist
Sekretaris FKSDL, Reza Arizqi. Waspada/Ist

LANGSA (Waspada): Forum Komunikasi Subdas Krueng Langsa (FKSDL) mendukung upaya Pemerintah Aceh untuk meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) agar pengendalian Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) dipindahkan ke Aceh, Selasa (7/7)

Menurut Sekretaris FKSDL, Reza Arizqi, usulan Pemerintah Aceh ini kembali disuarakan mengingat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia pernah merestui pemindahan kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) dari Sumatera Utara ke Aceh.

Lanjutnya, Forum Komunikasi Subdas Krueng Langsa (FKSDL) dalam hal ini sangat mendukung Pemerintah Aceh atas usulannya terhadap pemindahan BBTNGL ke Aceh mengingat data yang tercatat 75 persen (867.786 hektare) dari total luas TNGL berada di Aceh, dan hanya sekitar 25 persen (226.903 hektare) berada di kawasan Sumut

“BBTNGL dipindahkan ke Aceh diharapkan bisa mendapatkan dukungan dari semua pihak khususnya pemerintah pusat, mengingat wilayah administrasi sebagian besar wilayah Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) berada di Aceh dan beberapa hal yang lainnya, sehingga diharuskan berkantor di Aceh agar pengelolaan lebih efektif,” cetusnya.

Belum Direspon KLHK

FKSDL juga mengatakan, upaya memindahkan BBTNGL dari Sumatera Utara ke Aceh sebenarnya sudah pernah dilakukan oleh Pemerintah Aceh lima tahun lalu. Namun hingga saat ini belum mendapat respons oleh pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Menyangkut Perubahan UU No 41 tentang Kehutanan, Aceh memiliki sebuah UU atau lex specialis, yaitu UU No 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA). Oleh karena itu, menyangkut perubahan UU Kehutanan No 41, FKSDL meminta kepada pemerintah pusat agar menyetujui permohonan pemindahan BBTNGL dari Sumatera Utara ke Aceh.

“Konsistensi kami (FKSDL) terhadap perawatan, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan adalah salah satu upaya kami untuk Taman Nasional Gunung Leuser dapat dikelola secara baik dengan berkolaborasi dari semua pihak,” katanya.

Sesuai dengan wilayah kerja FKSDL yang masuk dalam Inti Kawasan Ekosistem Gunung Leuser, kami berharap agar gagasan Pemerintah Aceh tentang pemindahan BBTNGL yang berada di Sumatera Utara untuk secepatnya dipindahkan ke wilayah provinsi Aceh.

Kami FKSDL juga mengajak seluruh elemen masyarakat, baik itu pemerintah, Lembaga Pemerhati Lingkungan dan pihak terkait lainnya yang berada di wilayah Aceh agar sama-sama kita menjaga Kelestarian Taman Nasional Gunung Leuser agar tidak rusak.

“Kita tahu bahwa Peranan Kawasan Gunung Lesuser sangat penting karena sebagai sumber air, sebagai mitigasi bencana erosi dan banjir, sumber plasma nutfah, penyerap karbon global dan sumber ekonomi masyarakat lokal di Aceh serta surga bagi hewan langka seperti badak, oranghutan, gajah, dan harimau berada di kawasan tersebut,” pungkasnya. (b13)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2