Erosi Krueng Manggeng Abdya Mengganas

- Aceh
  • Bagikan

BLANGPIDIE (Waspada): Sejak beberapa bulan terakhir ini dilaporkan, erosi Krueng (sungai) Manggeng, yang membelah dan menjadi perbatasan antara Kecamatan Manggeng, dengan Kecamatan Lembah Sabil, Aceh Barat Daya (Abdya), dilaporkan kian mengganas.

Akibat erosi sungai itu, pengikisan tebing sungai kian parah. Tebing-tebing sungai yang ambruk kian mendekati pemukiman padat penduduk yang bermukim di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Manggeng.

Sejumlah desa yang penduduknya bermukim di sepanjang DAS Krueng Manggeng dan terancam amblas ke dasar sungai itu diantaranya, Desa Meurandeh, Desa Tokoh II dan Desa Alue Rambot, Kecamatan Lembah Sabil. Sementara dari Kecamatan Manggeng ada Desa Seuneulop, Desa Kedai, Desa Padang, Desa Tengah, Desa Blang Manggeng dan Desa Sejahtera.

Selain mengancam pemukhiman padat penduduk dalam sejumlah desa dua kecamatan itu, erosi sungai juga telah mengakibatkan rusaknya puluhan hektar areal perkebunan produktif penduduk di kawasan tersebut. Dimana, puluhan hektar tanaman produktif seperti pala, pinang, kelapa, manga, pohon durian dan alpukat, ikut amblas saat arus menghantam tebing sungai.

Menurut Yosrizalmi, Kepala Desa Tengah, Kecamatan Manggeng Rabu (1/12), erosi sungai Krueng Manggeng ini memang sudah lama terjadi. Hampir tiap kali hujan deras melanda Abdya dan sekitarnya, dipastikan selalu berakibat buruk pada tebing sungai dimaksud. “Tapi yang parahnya, sejak beberapa minggu terakhir ini. Erosi kian ganas. Kala tidak segera ditanggulangi, bisa fatal. Ini kawasan padat pemukhiman penduduk. Bangunan masjid kita juga ikut terancam,” ungkapnya.

Hamdani JB, salah seorang anggota DPRK Abdya, dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang turut turun ke lokasi hari itu mengatakan, pihaknya akan berupaya menyuarakan maslah itu kepada pemerintah, baik tingkat daerah, provinsi, maupun pusat. “Kita upayakan, pemerintah dapat menyelamatkan tebing sungai ini, dengan pembangunan tanggul susunan batu gajah supaya lebih kokoh dan tahan dari hantamam arus,” katanya.(b21)

Waspada/Syafrizal

Kondisi erosi Krueng Manggeng, Abdya, yang kian ganas mengancam pemukiman padat penduduk. Rabu (30/11)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *