Waspada
Waspada » Dukcapil Agara Serahkan Data Kependudukan Korban Kebakaran
Aceh

Dukcapil Agara Serahkan Data Kependudukan Korban Kebakaran

PETUGAS dari Dinas Dukcapil Aceh Tenggara, menyerahkan data kependudukan bagi korban musibah kebakaran di Kute Lawe Mengkudu Kecamatan Ketambe, Jumat (26/2). Waspada/Ali Amran
PETUGAS dari Dinas Dukcapil Aceh Tenggara, menyerahkan data kependudukan bagi korban musibah kebakaran di Kute Lawe Mengkudu Kecamatan Ketambe, Jumat (26/2). Waspada/Ali Amran

KUTACANE (Waspada): Dinas Dukcapil terus melakukan perubahan pola kerja sebagai upaya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, setelah membagikan dan mengantar langsung KIA pada pengulu kute (kepala desa), kini giliran warga korban kebakaran menerima data kependudukan.

Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Aceh Tenggara (Agara) Abri kepada Waspada, Jumat (26/2) mengatakan saat ini untuk memangkas birokrasi dan upaya peningkatan pelayanan serta mempermudah warga mengurus masalah kependudukan pihaknya terus berupaya mengembangkan inovasi terbaru dan mendatangi langsung warga yang membutuhkan data kependudukan.

Sebelumnya, pihaknya telah membagikan langsung Kartu Identitas Anak (KIA) pada masyarakat yang membutuhkan melalui pengulu kute di seluruh kecamatan yang ada di Agara, sedangkan beebrapa hari yang lalu, pihak Dukcapil juga telah menyerahkan terkait data kependudukan pada warga korban kebakaran di Lawe Mengkudu, Kecamatan Ketambe.

Selain Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk atas nama Salamiah, Saptiah dan Rabudin, tiga keluarga yang menjadi korban musibah kebakaran di Kute Lawe Mengkudu, Kecamatan Ketambe, Selasa (23/2) lalu, Dinas Dukcapil juga, ujar Abri didampingi Kabid Kependudukan Aswin menyerahkan langsung Kartu Identitas Anak dan Akte kelahiran bagi keluarga yang rumahnya ludes terbakar bersama data kependudukan lainnya.

“Penyerahan kita lakukan langsung pada keluarga atau korban musibah kebakaran, setelah terlebh dahulu berkoordinasi dengan Pengulu Kute Lawe Mengkudu Kecamatan Ketambe. Penyerahan data tersebut disampaikan langsung Kasi dan Kabid dari Dinas Dukcapil di tenda pengungsian korban musibah kebakaran. Proses pembuatan KK, KTP, Kartu Identitas Anak dan Akte Kelahiran keluarga korban kebakaran juga tidak membutuhkan waktu yang lama, setelah data korban disampaikan pengulu kute pada Dinas Dukcapil, dalam waktu beberapa jam kemudian, datanya telah selesai dan keesokan harinya sudah ada di tangan korban kebakaran,” pungkas Kadis Dukcapil seraya menambahkan untuk pengurusan masalah kependudukan semuanya gratis sepanjang telah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. (b16)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2