Waspada
Waspada » Dua Warga Aceh Tamiang Dirujuk Ke RSUZA
Aceh

Dua Warga Aceh Tamiang Dirujuk Ke RSUZA

Suasana di RSUD Aceh Tamiang untuk merujuk pasien berjenis kelamin perempuan untuk dibawa ke RSUZA Banda Aceh, Rabu(22/4) malam.Waspada/Ist.

KUALASIMPANG (Waspada): Dua warga Aceh Tamiang dirujuk ke RSUZA Banda Aceh untuk swab test terkait dugaan Covid-19 dan penanganan lebih lanjut, Rabu (22/4).

Informasi yang dihimpun Waspada, Rabu (22/4) malam, pasien tersebut seorang laki-laki berusia 22 tahun dan seorang perempuan juga 22 tahun.

Tim Dinas Kesehatan terus melakukan pemeriksaan terutama terhadap yang telah mempunyai riwayat perjalanan dari daerah transmisi Covid-19.

Dari hasil rapid test ada seorang warga Kecamatan Bandar Pusaka, Kab. Aceh Tamiang dinyatakan positif Covid-19.

Pasien itu sudah dirujuk ke RSUZA Banda Aceh untuk Swab Test dan penanganan lebih lanjut, Rabu (22/4) pukul 02.00. Sehingga dua warga Aceh Tamiang dirujuk ke RSUZA Banda Aceh.

Pasien tersebut setelah diperiksa Tim Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan mendalam melalui alat rapid test dengan hasil positif di dapat 1 orang warga Aceh Tamiang, tempat tinggal Kecamatan Bandar Pusaka, jenis kelamin laki-laki, asal kedatangan Magetan Jawa timur.

Selanjutnya seorang lagi pasien perempuan dari Kecamatan Bandar Pusaka, Aceh Tamiang yang berstatus ODP dinaikkan statusnya menjadi PDP dan sudah dibawa ke RSUD Tamiang dan seterusnya pasien tersebut dirujuk untuk dibawa ke RSUZA Banda Aceh menjalani Swab Test dan penanganan lebih lanjut di RSUZA Banda Aceh. Pasien tersebut diberangkatkan pada Rabu (22/4) malam dari RSUD Tamiang.

Dari Medan

Pasien perempuan tersebut memiliki riwayat pada 18 April 2020, dia kembali dari Kota Medan ke rumah orang tuanya di Kec. Bandar Pusaka Kab. Aceh Tamiang.

Selama ini perempuan itu berkerja di perusahaan sarang walet dan menetap di Kota Medan.

Pada 19 April 2020,perempuan itu melaporkan kepada Tim gugus tugas Covid-19 Kec. Bandar Pusaka untuk di cek kesehatannya karena dia menderita sakit Batuk dan Sesak Napas selanjutnya oleh petugas, pasien tersebut diberikan status ODP dan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari.

Selanjutnya pada tanggal 22 April 2020 pukul 15.30 tim Gugus Tugas Covid-19 Kec. Bandar Pusaka melakukan pemeriksaan ulang kepada pasien tersebut karena keluhan penyakitnya tidak berkurang Tim Gugus Tugas Covid-19 Kec. Bandar Pusaka merujuk pasien tersebut ke RSUD Kab. Aceh Tamiang.

Informasi diperoleh Waspada, setelah tiba di RSUD Kab. Aceh Tamiang, petugas Gugus Tugas Covid-19 melakukan pemeriksaan ulang dengan alat rapid test dan rongent.

Hasil rapid test terhadap pasien tersebut menunjukkan negatif namun gejala – gejala penyakit yang diderita pasien diduga terjangkit Covid-19 oleh sebab itu keputusan Dokter RSUD Kab. Aceh Tamiang merujuk Pasien perempuan itu ke RSU Zainal Abidin agar mendapat penanganan yang lebih lanjut dan lebih akurat.

Sementara itu ada dua laki-laki warga dari Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang masing-masing berusia 15 tahun dan 19 tahun serta seorang warga dari Kecamatan Seruway yang juga memiliki riwayat perjalanan dari Pulau Jawa, Rabu(22/4) malam masih dirawat di ruang IGD RSUD Tamiang.

Sebelumnya menurut informasi,dari hasil rapid test dan diperiksa di laboratorium Dinkes Kab Aceh Tamiang terhadap dua warga di Kecamatan Rantau yaitu laki-laki berusia 15 tahun dan laki-laki berusia 19 tahun yang merupakan penduduk Kampung (desa) yang sama di Kecamatan Rantau itu menunjukkan hasil rapid test keduanya positif Covid-19.

Menunggu Pemeriksaan Lanjut

Informasi diperoleh Waspada, Rabu (22/4) tim perawat Pukesmas Kec. Rantau Epi Muharama menjemput kedua pasien dalam pengawasan di rumah warga tersebut di Kec. Rantau Kab. Aceh Tamiang dengan mengunakan mobil ambulan yang dikemudikan Amri untuk dibawa ke Rumah Sakit Umum Aceh Tamiang.

Selanjutnya, kedua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tersebut tiba di Rumah Sakit Umum Aceh Tamiang dan langsung dibawa ke ruang isolasi untuk diadakan pemeriksaan.

Selanjutnya Pihak RSUD Aceh Tamiang menunggu hasil pemeriksaan kedua pasien tersebut apakah perlu /tidak untuk dirujuk ke RSUZA Banda Aceh, karena kedua pasien masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Sehingga kedua pasien warga dari Kec. Rantau itu dan bersama seorang warga dari Kec. Seruway untuk sementara Rabu (22/4) malam dirawat di ruang IGD RSUD Aceh Tamiang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadiskes Kab. Aceh Tamiang Abdullah ketika dikonfirmasi Waspada sebelumnya, Rabu(22/4), membenarkan dua warga dari Kecamatan Rantau dan seorang dari Kec. Seruway yang sedang ditangani oleh RSUD Aceh Tamiang dan menunggu pemeriksaan lebih lanjut .

Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang Agusliayana Devita ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut melalui telepon selular, Kamis(23/4) pagi, menyatakan pihaknya belum mendapat informasi terkait hal itu.

“Mohon maaf, saya belum dapat informasinya,” ungkap Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang yang merupakan jalur konfirmasi resmi yang disediakan Pemkab Aceh Tamiang. (b23)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2