Waspada
Waspada » Dua Tenaga Medis Terpapar COVID-19, Ruang ICU RSUD- ZM Ditutup
Aceh

Dua Tenaga Medis Terpapar COVID-19, Ruang ICU RSUD- ZM Ditutup

IDI (Waspada): Dua tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zubir Mahmud (RSUD-ZM) Aceh Timur, terpapar COVID-19. Keduanya terpapar dari pasien yang dirawat di Ruang ICU sebelumnya.

“Terpaparnya dua pasien dari kalangan paramedis ini menambah jumlah kasus COVID-19 di Aceh Timur, dari 75 kasus dua hari sebelumnya kini menjadi 77 kasus,” ungkap Jubir Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Aceh Timur, Dr. H. Edy Gunawan MARS, kepada Waspada, Sabtu (17/10).

Keduanya yakni D, 25, dan T, 35. Keduanya kini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah, namun tetap dipantau perkembangannya oleh petugas. “Gejala keduanya demam, batuk dan flu,” sebut Edy.

Dijelaskan, pasien S asal Kecamatan Banda Alam, sebelumnya di rawat di Ruang ICU. Hasil rapid test saat itu non-reaktif. Kemudian kondisi kesehatan pasien berusia 62 tahun itu, sehingga petugasnya merujuknya ke RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh.

“Saat tiba di RSUD-ZA, pasien S dilakukan pemeriksaan ulang dan hasil rapid tes nya reaktif. Lalu S dilakukan swab test dan hasilnya juga positif. Tak lama disana, pasien dipulangkan pihak keluarga dan beberapa hari di rumah pasien S meninggal dunia,” terang Edy.

Pasca terpaparnya dua tenaga medis di Ruang ICU, pihak manajemen memutuskan untuk menutup sementara ruang tersebut. Pasien yang membutuhkan perawatan ICU dialihkan menggunakan ruang kelas yang disiapkan dengan peralatan yang sama di ruang ICU, seperti syringe pump dan infus pump. “Ada ruangan lain yang kita siapkan dengan peralatan yang sama seperti ruang ICU,” tutur Edy.

*Bertambah*

Berdasarkan data dan laporan, pasien COVID-19 di Kabupaten Aceh Timur dan kini tercatat mencapai 77 kasus. Namun hanya 19 kasus yang terkonfirmasi dengan rincian 12 pasien menjalani isolasi mandiri di rumah, dan empat pasien di rawat di RSUD Dr. Zubir Mahmud Aceh Timur serta tiga pasien dirawat di RSUD-ZA Banda Aceh.

“54 pasien dinyatakan sembuh dan empat pasien meninggal dunia,” sebut Edy seraya berharap masyarakat untuk tetap mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah dan tetap menjaga jarak serta sesering mungkin mencuci tangan. (b11).

Jubir Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Kabupaten Aceh Timur, dr. H. Edy Gunawan MARS. Waspada/M. Ishak

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2