Waspada
Waspada » Dua Rumah Di Bireuen Meunasah Reuleut Terbakar
Aceh

Dua Rumah Di Bireuen Meunasah Reuleut Terbakar

Petugas pemadam kebakaran Pemkab Bireuen dibantu warga berusaha memadamkan api di dua rumah yang terbakar, Rabu (5/2) malam. Waspada/Abdul Mukthi Hasan
Petugas pemadam kebakaran Pemkab Bireuen dibantu warga berusaha memadamkan api di dua rumah yang terbakar, Rabu (5/2) malam. Waspada/Abdul Mukthi Hasan

BIREUEN (Waspada): Dua unit rumah kontrakan (rumah sewa-red) konstruksi permanen beserta isinya habis terbakar, di Dusun Mat Arif, Gampong Bireuen Meunasah Reuleut, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, Rabu (5/2) sekitar pukul 20:00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun dua unit rumah dan isinya habis terbakar. Kobaran api cepat dapat diatasi petugas pemadam kebakaran dengan mengerahkan dua unit armada sekitar pukul 21.00 WIB.

Data dihimpun di lokasi dari korban dan juga Keuchik Bireuen Meunasah Reuleut, Hasrul Syah, mengatakan belum tahu pasti dari mana asal usul kobaran api bermula yang mengakibatkan terbakarnya kedua rumah itu.

Penyewa rumah di bagian utara adalah Rahmawati, 59, pegawai negeri sipil (PNS) bersama Reza Syahputra, 29, wiraswasta, Aulia Riski, 26, wiraswasta dan M Haiqal, 22, pedagang.

Sedangkan penyewa rumah di sebelah selatan adalah Zulkifli Dahlan, 70, bersama Ridwan Kaoy, 55, Nilawati Zulkifli, 41, Rafida, 12, M Syukran, 9, jelas Keuchik.

Reza Syahputra menyebutkan belum mengetahui penyebab kebakaran, saat kejadian dia sedang di masjid sedangkan ibunya bekerja di luar daerah, seminggu sekali baru pulang dan kedua adiknya sedang berada di rumah.

“Saya ditelepon rumah terbakar, sampai di rumah kobaran api sudah besar, tidak ada barang yang bisa diselamatkan lagi,” ujarnya.

Sementara itu korban Nilawati Zulkifli ditanyai Waspada di lokasi kejadian, mengatakan, sumber api diduga dari api kompor di rumah sewa tetangga di sebelah rumahnya tersebut.

Api Diduga Berasal Dari Dapur

Diduga dua pemuda di rumah tetangganya lagi masak, belum jelas seperti apa awal kejadiannya, tiba-tiba pemuda di rumah sebelah itu memberitahukan Nilawati ada api di dapur.

“Saat saya lihat ke dalam, api sudah besar di dapur, langsung saya minta pertolongan warga, api dengan cepat membesar dan isi rumah tidak dapat diselamatkan lagi,” ungkap korban.

Sementara warga setempat mengatakan, saat mengetahui kejadian itu, langsung meminta bantuan ke Posko Pemadam Kebakaran sekitar 1,5 Km ke timur. “Sumber api kami belum tahu,” ujar warga di lokasi.

Putra, petugas pemadam kebakaran mengatakan, begitu menerima laporan warga, langsung mengerahkan dua armada ke lokasi. Dibantu warga, tidak lama kemudian api dapat dipadamkan dan kondisi rumah beserta isinya habis terbakar.

Kepala Dinas Sosial Bireuen, Drs Murdani kepada wartawan, pasca kejadian, Rabu (5/2) malam, menyampaikan terjadinya kebakaran dua unit rumah kontrakan milik H Syamsuddin Adam ditempati korban tersebut.

Kronologis belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran terjadi, api sangat cepat membesar dan tidak lama kemudian datang tim pemadam kebakaran ke lokasi setelah menerima informasi dari masyarakat, jelasnya.

“Bantuan masa panik sudah disalurkan ke lokasi dan diterima langsung oleh korban musibah didampingi keuchik,” ujar Kadinsos setelah menyerahkan bantuan langsung ke lokasi kepada wartawan, pada pukul 22:55 WIB. (cb02/B).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2