Waspada
Waspada » DPW AGPAII Aceh Adakan Workshop PAI Nasional
Aceh Pendidikan

DPW AGPAII Aceh Adakan Workshop PAI Nasional

Ketua DPW AGPAII Aceh, Ahlul Fikri, SPd.I, M.Pd beserta Kasi PAI TK/PAUD Kanwil Kemenag Aceh Abd Syukur, M.Ag foto bersama Panitia Pelaksana Workshop PAI Nasional DPW AGPAII Aceh, Kamis (12/11). DPW AGPAII Aceh Adakan Workshop PAI Nasional. Waspada/Ist
Ketua DPW AGPAII Aceh, Ahlul Fikri, SPd.I, M.Pd beserta Kasi PAI TK/PAUD Kanwil Kemenag Aceh Abd Syukur, M.Ag foto bersama Panitia Pelaksana Workshop PAI Nasional DPW AGPAII Aceh, Kamis (12/11). DPW AGPAII Aceh Adakan Workshop PAI Nasional. Waspada/Ist

LANGSA (Waspada): Dewan Pengurus Wilayah Asosisasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPW AGPAII) Aceh melaksanakan kegiatan workshop Pendidikan Agama Islam (PAI) Nasional yang diikuti 480 peserta baik dari Aceh maupun dari luar Aceh termasuk dari Papua, Kamis (12/11).

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rachmat Fitri HD, MPA secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Ketua Panitia Pelaksana, Mustafa, S.Pd.I, M.Ag melaporkan, peserta yang mengikuti kegiatan ini hampir mencapai 500 GPAI yang tersebar dari semua Provinsi Se Indonesia.

“Alhamdulillah kegiatan yang dilaksanakan DPW AGPAII Aceh mendapat sambutan yang luar biasa dari Guru Pendidikan Agama Islam mulai jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK. Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 11 hingga 14 November 2020 dengan pola 32 JPL,” sebutnya.

Acara dimoderatori Diana Safitri, S.Pd.I (Guru PAI SDN 22 Banda Aceh) ini mengangkat tema Peningkatan Kompetensi Guru PAI Bidang IT (Pemanfaatan Aplikasi AGPAII Digital dalam PBM Daring) berlangsung khitmad dan disiarkan secara langsung melalui Youtube yang diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Azhari, S.Pd.I (Kepala SDN Samahani Aceh Besar) yang juga sebagai Pengurus DPW AGPAII Aceh.

Ketua DPW AGPAII Aceh, Ahlul Fikri, SPd.I. MPd menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dengan penuh khitmad dan mendapat sambutan dari berbagai pihak termasuk Dinas Pendidikan Aceh, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh juga disupport penuh oleh Kepala Sekolah SMK-SMTI Banda Aceh serta Guru Pendidikan Agama Islam.

“Alhamdulillah kami amat berbahagia dengan capaian ini terlebih peserta hampir 500 orang yang mendaftar dari seluruh Indonesia. Kegiatan Webinar ini diinisiasi oleh keberadaan KTA AGPAII Digital yang didalamnya berisi aplikasi RPP AGPAII Digital, Penilaian dan Aplikasi Siswa PAI,” ungkapnya.

Sementara Ketua Umum DPP AGPAII, Dr Mahnan Marbawi, MA memberikan penghargaan dan apresiasi kepada DPW AGPAII Aceh yang telah hadir memberikan kontribusinya dalam pembinaan Guru Pendidikan Agama Islam terlebih dimasa Pandemi Covid 19.

“Kami bangga melihat kerja nyata Pengurus DPW AGPAII Aceh. KTA AGPAII Digital memiliki keuggulan yang luar biasa, tersistem rapi dan bisa diakses oleh semua GPAI dan Pengawas PAI,” ujarnya.

Selanjutnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh diwakili Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam H. Muntasyir, S.Ag, MA memberikan apresiasi atas DPW AGPAII Aceh telah nyata memberikan terobosan untuk melahirkan Guru Pendidikan Agama Islam yang punya kemampuan di bidang IT dalam menerapkan pembelajaran.

Secara tidak langsung, lanjutnya AGPAII telah memberikan stimulus kepada GPAI untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kemampuan pedagogik sehingga mutu pendidikan semakin berkualitas.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs. Rachmat Fitri HD, MPA dalam sambutan dan arahannya juga menyampaikan rasa bangga atas kerja nyata DPW AGPAII Aceh dimana Guru guru PAI yang bergabung dalam AGPAII gerakannya masif, terstruktur dan bergerak nyata.

“Kami senantiasa mengikuti kiprah DPW AGPAII Aceh melalui Group WatshApp dan terbukti Guru PAI Aceh memiliki kemampuan yang bagus dan telah nyata memberikan warna tersendiri dalam menerapkan pembelajaran berbasis IT terlebih pada masa pandemi,” kata Rachmad.

Pihaknya sangat bangga atas capaian ini semoga AGPAII terus dapat berkarya dan menjadi motivator Guru PAI dalam meningkatkan kualitas pendidikan Aceh, ungkap Kadisdik Aceh dihadapan seluruh peserta workshop.

Sedangkan Sekretaris DPW AGPAII Aceh Muhammad Yani, M.Ag melaporkan kegiatan Workshop PAI Nasional akan dibahani tiga narasumber nasional yaitu Rimelfi, S.Pd.I, MM, MA (Sumatera Barat), Habiburrohman AF, M.Pd.I (Jawa Timur) dan Ulfatul Husna, M.Pd (Sidoarjo, Jawa Timur) dengan pola 32 JPL.

“Kami mengharapkan semua peserta mengikutinya dengan serius sehingga ilmu yang disampaikan pemateri dapat terserap secara baik,” ungkap Yani yang juga menjabat sebgai Ketua MGMP PAI SMA Provinsi Aceh.(b13)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2