DPRK Aceh Tamiang Tinjau Proyek Saluran Induk Rp2 M Lebih.

DPRK Aceh Tamiang Tinjau Proyek Saluran Induk Rp2 M Lebih

- Aceh
  • Bagikan
Anggota Komisi IV DPRK Aceh Tamiang saat meninjau langsung proyek pembangunan saluran induk (primer) Kampung Bundar –Kampung Kebun Tanah Terban, Kecamatan Karang Baru tepatnya berada di kawasan pusat perkantoran Kabupaten Aceh Tamiang. Waspada / Yusri
Anggota Komisi IV DPRK Aceh Tamiang saat meninjau langsung proyek pembangunan saluran induk (primer) Kampung Bundar –Kampung Kebun Tanah Terban, Kecamatan Karang Baru tepatnya berada di kawasan pusat perkantoran Kabupaten Aceh Tamiang. Waspada / Yusri

KUALASIMPANG (Waspada): Komisi IV DPRK Aceh Tamiang melakukan peninjauan lapangan terhadap pembangunan proyek pembangunan saluran induk (primer) Kampung Bundar – Kampung Kebun Tanah Terban, Kecamatan Karang Baru tepatnya berada di kawasan pusat perkantoran Kabupaten Aceh Tamiang yang belum rampung dan pekerjaannya masih berlangsung dengan penambahan waktu kerja.

Proyek tersebut berdasarkan plang proyek, dilaksanakan oleh CV Kamasa dengan nomor kontrak 10/Kontrak/CK-Tender/2021, tanggal pelaksanaan dimulai pada 10 Mei 2021 dan selesai 1 Oktober 2021, proyek ini bersumber dana dari Otsus Kab/Kota dengan nilai kontrak Rp2.298,418.000, adapun konsultan perencana yaitu CV Tecno Team Consulindo dan konsultan pengawas CV Miftahul Arzaq Consultant.

Pengamatan Waspada.id pada Rabu (13/10) di lapangan terlihat, peninjauan terhadap proyek tersebut langsung dipimpin Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto,ST dan didampingi Ketua Komisi 4, Miswanto serta sejumlah anggota Komisi IV DPRK Aceh Tamiang. Selain itu tampak juga Kabid Cipta Karya pada Dinas PUPR Aceh Tamiang, Wan Zulham serta rekanan pelaksana.

Ketua Dewan bersama anggota Komisi IV DPRK Aceh Tamiang turun langsung ke lokasi proyek yang sedang dalam pekerjaan tersebut dengan melihat bangunan telah selesai serta titik lokasi bangunan yang masih dikerjakan. Peninjauan lapangan ini berkaitan informasi diperoleh Dewan, bahwa pembangunan proyek ini sudah melewati masa kerja sesuai kontrak sebelumnya.

“Kita baru melakukan pengecekan lapangan terhadap progres pelaksanaan proyek saluran induk ini, karena masa pekerjaan sudah deadline dan ada penambahan masa kerja yang diberikan Dinas PUPR,” kata Miswanto, Ketua Komisi IV DPRK Aceh Tamiang didampingi Ketua DPRK Suprianto di sela-sela kegiatan peninjauan lapangan tersebut.

Ditegaskannya, menurut informasi diperoleh pihaknya dari Dinas PUPR melalui Kabid Cipta Karya dan rekanan pelaksana, bahwa mereka menjamin pembangunan proyek saluran ini akan rampung sesuai jadwal penambahan waktu yang diberikan. “Fondasi sudah dicor dan tinggal pemasangan batu, mungkin siang malam mereka bekerja dan pekerjaan bisa rampung,” ujar Miswanto.

Disampaikannya, apabila tidak juga selesai sesuai penambahan waktu kerja, maka pihaknya akan kembali melakukan peninjauan lapangan dan mempertanyakan kepada Dinas PUPR Aceh Tamiang terkait hal tidak bisa selesainya proyek dimaksud. “Kita dapat laporan juga kendala sebelumnya bahwa saat pelaksanaan ada titik lokasi saluran yang dibangun masuk wilayah HGU salah satu perkebunan di daerah ini, persoalan itu yang menjadi hambatannya, tapi sekarang sudah memperoleh izin dan sedang dikerjakan,” sebut Miswanto sembari berharap proyek tersebut dapat selesai dikerjakan oleh rekanan (kontraktor)

Sementara itu, Kabid Cipta Karya pada Dinas PUPR Aceh Tamiang, Wan Zulham ketika dikonfirmasi Waspada.id membenarkan, pihaknya memberikan penambahan masa kerja selama 28 hari yaitu batasnya hingga akhir Oktober 2021. “ Angka 28 hari itu sesuai dengan tidak bisa bekerja karena proses pengurusan izin dari salah satu perkebunan karena masuk dalam HGU mereka,” terangnya.

Wan Zulham optimis proyek ini akan selesai pembangunannya sesuai penambahan waktu diberikan. “Jika tidak selesai juga maka akan kita ambil langkah-langkah selanjutnya, apakah diberikan penambahan masa kerja dengan dikenakan denda sesuai ketentuan dan perundangan berlaku, bisa saja pemutusan kontrak kerja,” pungkas Kabid Cipta Karya.(b15).


  • Bagikan