Waspada
Waspada » DPO 4 Tahun, Dibekuk
Aceh

DPO 4 Tahun, Dibekuk

Tim gabungan Polres Langsa saat mengamankan tersangka ZA alias Aman Gaya di Mapolres Langsa, Sabtu (8/2).Waspada/ist
Tim gabungan Polres Langsa saat mengamankan tersangka ZA alias Aman Gaya di Mapolres Langsa, Sabtu (8/2).Waspada/ist

LANGSA (Waspada): Tim gabungan Sat Intelkam dan Sat Reskrim Polres Langsa berhasil tersangka ZA alias Aman Gaya yang telah masuk DPO (Daftar Pencarian Orang) sejak 4 tahun lalu.

Terdangka ZA ditangkap di Gampong Alue Kaol Kec. Rantau Seulamat Kab. Aceh Timur, Sabtu (8/2) sekitar pukul 04:30.

ZA yang merupakan DPO Polres Langsa selama 4 tahun terkait pembunuhan dan penganiayaan yang menyebabkan meninggalnya Geuchik Aloe Kaol, Zainuddin, 43, warga Kec. Rantau Seulamat, Kab Aceh Timur yang terjadi, Rabu 3 Agustus 2016 sekira pukul 20:00.

Sejak kejadian tersebut ZA alias Aman Gaya melarikan diri dan sudah kembali lagi di Gampong Alue Kaol, Kec. Rantau Selamat, Kab. Aceh Timur.

Penangkapan ZA berdasarkan Laporan Polisi nomor: LP/258/VII/2016/ACEH/Res Langsa tanggal 4 agustus 2019 dan DPO Polres Langsa Nomor: DPO/96/VIII/2016/Reskrim tanggal 22 Agustus 2016.

Informasi yang wartawan himpun di lapangan, ZA ditangkap saat berada di sebuah gubuk beratapkan plastik di perkarangan kebun milik mantan Gehuchik, Abdul Azis Lr. I Gp. Alue Kaol, Kec. Rantau Seulamat, Kab. Aceh Timur.

Saat ditangkap, ZA melakukan perlawanan maka dilakukan tindakan tegas dengan melakukan tembakan terukur di kaki bagian betis kanan.

Kapolres Langsa, AKBP Andy Hermawan melalui Kasat Reskrim Polres Langsa Iptu Arif S Wibowo, SIK yang dikonfirmasi wartawan membenarkan telah melakukan penangkapan terhadap DPO Polres Langsa bernama ZA alias Aman Gaya.

“Benar tim gabungan Polres Langsa telah berhasil mengamankan pelaku pembunuhan terhadap mantan kepala desa setelah menjadi buronan selama 4 tahun,” katanya.

Penangkapan ZA alias Aman Gaya berdasarkan informasi dari masyarakat tentang keberadaan ZA di desa tersebut. Kemudian dilakukan pendalaman dan pemantapan informasi sehingga ditentukan cara bertindak di lapangan untuk melakukan upaya paksa terhadap DPO tersebut.

“Di saat melakukan upaya paksa, ZA sempat memberikan perlawanan dengan mencoba menusuk anggota memakai sebilah pisau dan mencoba kabur namun telah dilakukan upaya tindakan terukur berupa tembakan tepat ke bagian betis kaki sebelah kanan dan akhirnya ZA berhasil dilumpuhkan,” sebutnya.

Sambung Kasat, saat ini tersangka sedang dirawat di rumahsakit karena luka tembak di kaki dengan pengawalan ketat dari anggota Polres Langsa.(m43)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2