Waspada
Waspada » Dompet Peduli SMAN 4 Langsa Salurkan Bantuan
Aceh Pendidikan

Dompet Peduli SMAN 4 Langsa Salurkan Bantuan

Kepsek SMAN 4 Langsa dan dewan guru saat menyerahkan bantuan uang tunai dalam program dompet peduli kepada siswa kurang mampu, Kamis (6/5) petang. Waspada/Rapian
Kepsek SMAN 4 Langsa dan dewan guru saat menyerahkan bantuan uang tunai dalam program dompet peduli kepada siswa kurang mampu, Kamis (6/5) petang. Waspada/Rapian

 

LANGSA (Waspada): Dompet Peduli SMAN 4 Langsa menyalurkan bantuan berupa uang tunai kepada siswa dari keluarga kurang mampu dengan langsung mendatangi rumahnya, Kamis (6/5) petang.

Kepsek SMAN 4 Langsa, Salamuddin, MPd mengatakan, program dompet peduli ini sejak tahun 2021 memasuki bulan suci Ramadhan mulai menghimpun sumbangan dari guru, tendik dan siswa, gerakan amal ini sebagai program membudayakan bersedekah dan berinfaq.

Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik dan saling membantu bagi yang membutuhkan.

“Program bantuan sosial sudah digagas sejak awal 2021 dan baru dapat direalisasikan bulan ini, di mana siswanya banyak berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi, kondisi ekonomi keluarga mereka sangat mempengaruhi suasana proses belajar mereka nantinya bila tidak kita bantu,” ucap Salamuddin.

Pun demikian, gerakan peduli ini akan berlangsung secara berkesinambungan, nantinya setiap bulan pihak sekolah akan menghimpun dana dari warga sekolah setiap awal bulan dan di akhir bulan akan kami salurkan.

Adapun sasaran penyalurannya diprioritaskan dulu untuk siswa/i berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu, hal ini dikarenakan sumber dana yang terbatas, tidak mungkin semua akan mendapatkannya pada bulan yang sama.

Setiap siswa akan mendapatkan bantuan ini sekali dan pada bulan selanjutnya akan diberikan kepada siswa yang lain. Upaya ini untuk membantu anak-anak yang memiliki kemampuan dan tekad untuk bersekolah tinggi hingga tidak terputus di tengah jalan.

Kiranya donasi ini akan meringankan beban keluarga apalagi badai Covid 19 belum juga reda, dengan bantuan ini berharap tidak ada siswa yang putus sekolah.

“Bagi warga SMAN 4 yang memiliki kemudahan rezeki berkomitmen menyisihkan sedikit hartanya untuk menyumbang. Mudah-mudahan ke depan ada para dermawan yang datang dari luar untuk bersedekah dan berinfaq untuk mereka yang membutuhkannya,” paparnya.

Dijelaskannya, bulan pertama ini telah menyalurkan infaq dan sedekah siswa/i kelurga yang kondisi ekonomi dan rumah yang sangat memprihatiankan yakni, ananda Teuku Ryan, kelas Xl MIPA 1, warga Matang Seulimeng, anak dari T. Alamsyah berprofesi penarik becak dan ibunya Husnaini, mengalami sakit dan opname RS.

“Untuk membantu biaya pengobatan, Ryan terpaksa menjual sepedanya dan untuk berangkat sekolah dia diantar ayahnya sambil narik becak, untuk hadir kegiatan di luar jam belajar dia numpang naik sepeda motor kawannya,” ungkap Salamuddin.

Selanjutnya, ananda Rahmat Sabil, warga Birem Puntong, Dusun Masjid, Kelas X IPA 1, anak dari Husaini pekerjaan buruh harian lepas, dan ibunya Nurdiana.

Lalu, bantuan diserahkan kepada, ananda Maulida Yanti, Kelas X IPS 2, anak dari Abdul Wahab yang berprofesi penarik beca serta ibunya Waginah kini mengalami sakit Hepatitis tercatat sebagai warga Sungai Pauh.

“Penyaluran bantuan ini langsung kita antarkan ke rumah masing-masing siswa yang kurang mampu dengan melibatkan dewan guru serta OSIS, semoga 1 Syawal ini mereka bisa tersenyum sumringah,” tandas Salamuddin. (crp).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2