DLH Lhokseumawe Terima Dua Unit Truk Angkut Sampah Baru - Waspada

DLH Lhokseumawe Terima Dua Unit Truk Angkut Sampah Baru

- Aceh
  • Bagikan
KEPALA DLH Kota Lhokseumawe Dedi Irfansyah dan Sekretaris DLH Said serah terima dua unit truk angkut sampah, Rabu (28/7), di halaman kantor DLH setempat. Waspada/Zainuddin Abdullah
KEPALA DLH Kota Lhokseumawe Dedi Irfansyah dan Sekretaris DLH Said serah terima dua unit truk angkut sampah, Rabu (28/7), di halaman kantor DLH setempat. Waspada/Zainuddin Abdullah

LHOKSEUMAWE (Waspada): Pihak Kantor Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLH) Kota Lhokseumawe, Rabu (28/7), kini telah menerima sebanyak dua unit truk angkut sampah baru senilai Rp1 miliar bersumber dana Otsus 2021 untuk penambahan armada guna memperlancar kegiatan petugas kebersihan ditengah masyarakat.

Pengadaan dua unit truk itu dilakukan secara e Katalog atau secara online melalui PT Indomobil Prima Niaga Kota Lhokseumawe dan telah diserahterimakan melalui Agus Goverment Sales Operation sekira pukul 11:30 WIB.

Kepala DLH Kota Lhokseumawe Dedi Irfansyah membenarkan pihaknya telah menerima penyerahan dua unit truk baru itu. Satu unit truk itu berikut satu unit kontainer yang mampu menampung sebanyak 8 ton sampah dan dengan adanya dua unit truk tentunya akan mampu menampung 16 Ton sampah produksi masyatakat.

Dedi juga menyebutkan selama pandemi disusul penerapan PPKM tentu membuat produksi sampah pada bulan Juli 2021 kian menurun. Mengingat aktivitas para pedagang yang dibatasi aturan PPKM wajib menutup tempat usahanya diatas jam 21:00 WIB. Sehingga kini produksi sampah masyarakat kurang lebih mencapai 90 ton perharinya.

Dedi menjelaskan dengan penambahan dua unit truk tersebut, tentu kini DLH memiliki armada truk sebanyak 14 unit yang bisa digunakan. Selain itu terdapat sebanyak lima unit truk serta satu alat berat lainnya masih dalam kondisi rusak berat dan belum mampu diperbaiki hingga sekarang.

“Kira bersyukur sudah memiliki tambahan armada baru yakni dua unit truk angkut sampah. Tentunya dua unit truk beserta dua unut konteinernya mampu menampung sebanyak 18 ton produksi sampah masyarakat. Semoga ke depan akan menyusul armada jenis lainnya,” tuturnya.

Sementara Goverment Sales Operation Agus mengatakan dua unit truk angkutan sampah ini memiliki Teknologi baru yang canggih. Karena pihaknya memasang sistem telematik GPS dengan pola kerja sama dengan program PDA yang dapat mendeteksi lokasi keberadaan truk dan dapat menghitung jarak tempuh perjalanan. Sekaligus dapat mengetahui jumlah isi ulang minyak dalam tanki truk.

Agus memaparkan sistem telematik ini diberikan secara gratis selama lima tahun dan untuk control service diberikan gratis selama dua tahun. “Setiap tahun produksi armada kita tetap update dan mengikuti perkembangan tehnologi zaman sekarang. Maka produk kita tiap tahun mengalami perubahan dan pekembangan yang lebih baik,” tandasnya. (b09)

  • Bagikan