Waspada
Waspada » Diskominfotik Nagan Raya Sediakan Taman Wi-fi Bebas Untuk Masyarakat
Aceh

Diskominfotik Nagan Raya Sediakan Taman Wi-fi Bebas Untuk Masyarakat

Gazebo (dalam Bahasa Aceh biasa disebut Jambo) yang menyediakan koneksi jaringan internet wi-fi (wireless fidelity) yang dibangun Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Nagan Raya, Kamis (3/12).Waspada/Muji Burrahman
Gazebo (dalam Bahasa Aceh biasa disebut Jambo) yang menyediakan koneksi jaringan internet wi-fi (wireless fidelity) yang dibangun Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Nagan Raya, Kamis (3/12).Waspada/Muji Burrahman

NAGAN RAYA (Waspada) Pemkab Nagan Raya melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Nagan Raya membangun dua unit gazebo (dalam Bahasa Aceh biasa disebut Jambo) yang menyediakan koneksi jaringan internet wi-fi (wireless fidelity).

“Ini merupakan fasilitas publik milik Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dan dikelola oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik. Jambo wi-fi atau shelter taman digital sederhana dengan ukuran masing-masing 2.5 m x 2,5 m yang terbuat dari rangka kayu ini diperuntukan bagi masyarakat bebas untuk masyarakat dalam membutuhkan akses internet,” ujar Kadis Kominfotik, Drs. Said Amri kepada Waspada.id, Kamis (3/12).

Melalui jaringan wi-fi IndiHome (Indonesia Digital Home) produk layanan Telkom berkecepatan 20 mbps (mega byte per second) sekarang masyarakat dapat mengakses berbagai informasi. “Terlebih di era pandemi covid-19 saat ini sebagian besar kebutuhan dipenuhi secara digital, mulai dari layanan komunikasi, belajar dalam jaringan (daring) bersosial media hingga belanja online dan sebagainya,” ujar Said Amri.

Ia menerangkan, penyediaan sarana ini merupakan juga bagian dari implementasi salah satu misi Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dibawah kepemimpinan Bupati HM. Jamin Idham dan Wakil Bupati H. Chalidin Oesman, periode 2017-2022. “Salah satunya meningkatkan pembangunan infrastruktur berdasarkan kebutuhan potensi dan karakteristik wilayah,’’ terangnya.

Layanan internet gratis di jambo wi-fi ini dibuka mulai pukul 08:00-18:00 WIB setiap hari kerja. Jaringan wi-fi bisa dimantaatkan secara bebas tanpa menggunakan sandi/password dengan harapan masyarakat dapat berinternet secara sehat dan positif. Mengakses konten-konten yang bermanfaat sekaligus menjaga bersama sarana teknologi informasi ini dengan baik.

‘’Kita harapkan kepada pengguna agar dapat menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Mari membangun Nagan Raya yang berselogankan “Agama Tapeukoeng Budaya Tajaga” sesuai kapasitas kita masing-masing,” imbuhn6a.

Nantinya jelas Said Amri, dalam waktu dekat Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik akan segera memungsikan lima unit shelter taman digital permanen lainnya yang baru selesai dibangun. “Masing-masing di Kecamatan Darul Makmur, Kuala Pesisir, Kuala, Suka Makmue dan Seunagan yang saat ini sedang menunggu proses koneksi jaringan internet dari pihak Telkom di Banda Aceh,’’ tutup Said Amri (b22)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2