Disdikbud Pidie Gelar Pertandingan Silat Tanpa Koordinasi IPSI

Disdikbud Pidie Gelar Pertandingan Silat Tanpa Koordinasi IPSI

  • Bagikan
Sekretaris Umum IPSI Kabupaten Pidie Irawan, M.Pd saat menerima Waspada.id, Selasa (27/7). Disdikbud Pidie Gelar Pertandingan Silat Tanpa Koordinasi IPSI. Waspada/Muhammad Riza
Sekretaris Umum IPSI Kabupaten Pidie Irawan, M.Pd saat menerima Waspada.id, Selasa (27/7). Disdikbud Pidie Gelar Pertandingan Silat Tanpa Koordinasi IPSI. Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Pidie menyesalkan sikap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pidie yang dinilai tidak melakukan koordinasi saat melaksanakan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) 2021 dalam Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat beberapa waktu lalu.

“Kami Pengcab IPSI Kabupaten Pidie secara resmi tidak pernah diminta atau dilibatkan dalam kepanitian. Jangankan itu, berkoordinasi saja tidak pernah mereka lakukan dengan kami,” kata Sekretaris Umum Pengcab IPSI Kabupaten Pidie, Irawan, M.P d. Selasa (27/7).

Sejatinya, sesuai aturan panduan petunjuk teknis pelaksanaan KOSN 2021 mewajibkan Disdikbud tingkat daerah untuk berkoordinasi dengan asosiasi pengurus Cabor di masing-masing daerah, tidak terkecuali dengan Cabor Pencak Silat.

“Untuk perekrutan peserta KOSN 2021 tingkat kabupaten diselenggarakan secara mandiri oleh Disdikbud dan berkoordinasi dengan Pengkab/Pengkot cabang olahraga. Khusus Pengcab IPSI Kabupaten Pidie, Disdikbud Pidie tidak melakukan koordinasi dengan kami,” katanya.

Selanjutnya, imbuh Irawan, sesuai hasil Musyawarah Nasional (Munas) XII IPSI tahun 2017 perihal Peraturan Penyelenggaraan Pertandingan Pencak Silat juga mensyaratkan bahwa kepanitian dibentuk oleh IPSI.

Begitupan dengan kepanitiaan, merupakan delegasi mutlak dari IPSI, tidak dari lembaga lain atau perorangan. Karena secara aturan perlombaan maupun mekanisme jalannya pertandingan, termasuk juri pertandingan, jelas akan melibatkan IPSI yang mengetahui aturan perlombaan.

“Kami tidak tahu bagaimana hasil seleksi atau perekrutan peserta yang dilakukan. Yang jelas kami tidak terlibat dalam even tersebut,” katanya.

Menurutnya, selama ini Disdikbud Pidie dalam pelaksanaan even KOSN hanya menunjuk panitia sendiri, tanpa melalui IPSI sebagai penanggung jawab.

Padahal, di Kabupaten Pidie sendiri IPSI telah menaungi enam padepokan pencak silat yaitu, Panca Warna (PW), Nurul Qalbi (NQ), Pedang Hitam (PH), Nur Laduni (NL), Merpati Putih (MP) dan Sin Lam Ba (SLB). “Makanya kami sangat menyesalkan hal ini,” tandasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pidie, Drs Ridwandi, dalam sambutannya mengatakan ada lima cabang olahraga yang diperlombakan yakni, Pencak Silat, Renang, Karate, Bulutangkis dan Atletik.

Kata dia, KOSN sangat bermanfaat, salah satunya untuk mencari bibit siswa berprestasi dalam berbagai Cabor yang nantinya menjadi siswa berprestasi dan mengharumkan nama sekolah dan daerah. (b06)

 

  • Bagikan