Waspada
Waspada » Disdik Pidie Supervisi 279 SD
Aceh

Disdik Pidie Supervisi 279 SD

Kasi Kurikulum SD Disdik Kabupaten Pidie, Mutiyawati, S.Pd.M.Pd saat berada dalam ruang kelas mendampingi pengawas sekolah melakukan supervisi silang di SDN Blang Kula, Kecamatan Grong-grong, Kabupaten Pidie, Jumat (27/11). Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pidie melibatkan 23 pengawas sekolah guna melakukan supervisi silang terhadap 279 Sekolah Dasar (SD) di daerah itu.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten berjuluk Pang Ulee Buet Ibadat, Pang Ulee Hareukat Meugoe.

“ Supervisi silang ini, sebagai salah satu upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie untuk mendongkrak kualitas pendidikan yang semakin baik. Karena pembinaan kepala sekolah dan para guru, juga berimbas pada siswa dan akhirnya peningkatan mutu pendidikan bisa terujut secara menyeluruh” kata Kasi Kurikulum sekolah dasar, Disdik Kabupaten Pidie Mutiyawati, S.Pd. MPd.

Penyataan ini disampaikan Mutiyawati disela-sela melakukan supervisi silang di SDN Blang Kula, Kecamatan Grong-grong, Jumat (27/11).

Lanjut dia, kegiatan suvervisi silang ini telah dimulai sejak 29 September 2020 sampai 5 Desember 2020. Dari 23 orang jumlah total pengawas sekolah yang dirunkan, mereka dibagi empat kelompok. Setiap kelompok ditargetkan dapat mengunjungi lima sekolah per hari.

“ Hari ini yang kunjungi SDN Blang Kula, kelompok II. Kelompok II ini terdiri dari Mustafa, S.Pd,MPd, Husaini, S.Pd, Dra. Juairiah,M.Pd, Nurmalawati,S.Pd,M.Si, dan Naiza, S.pd.Msi” katanya.

Sejatinya, jelas Mutiya, kegiatan supervisi silang ini dilaksanakan untuk melihat kinerja kepala sekolah dengan depalan standar dan para guru, karena yang dinilai berupa administrasi kepala sekolah dan administrasi para guru.

Selanjutnya proses belajar mengajar yang diamati dan dinilai langsung oleh pengawas menggunakan instrumen. “Jadi pengawas yang datang ke SDN Blang Kula, ini dari Mutiara dan Padang Tiji,” katanya.

Hasil dari supervisi silang tahun ini akan dipaparkan atau dipersentasikan di Oproom Kantor bupati Pidie.Semua kepala sekolah dan pengawas di undang pada saat dilaksanakannya acara pemaparan itu.

Dalam kegiatan itu nantinya para kepala sekolah diberikan raport. Dengan rapor itu, para kepala sekolah bisa melihat kelebihan dan kekurangan sekolah yang dipimpinnya.

“ Kegiatan supervisi ini kami laksanakan setiap tahun. Tujuannya, juga untuk memotivasi para kepala sekolah, karena nantinya para kepala sekolah juga akan mendapat penghargaan dari dinas.”

*Rutin Pembinaan*

Dra Juairiah. M.Pd. salah seorang pengawas sekolah binaan wilayah kota Sigli, Kabupaten Pidie, kepada Waspada, menuturkan jika pihaknya rutin setiap bulan melakukan pembinaan ke semua sekolah .

“ Setiap bulan kami turun ke sekolah. Kita buat kepala sekolah degan dewan guru seperti kawan, bukan atasan bawahan. Ketika ada kendala, mereka bisa langsung berkoordinasi dengan kami” katanya.

Pantauan Waspada, SDN Balang Kula, Kecamatan Grong-grong, Kabupaten Pidie terlihat bersih dan rapi. Setiap ruang kelas dari kelas satu sampai kelas enam dipasang tempat cuci tangan lengkap dengan sabun.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi ke rumunan siswa. Di dalam ruang kelas juga terdapat sudut interasi, sudut pasar, sudut cantik dan pojok baca. (b06)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2