Waspada
Waspada » Disdik Pidie Gelar Ujian Kelas Inti Olimpiade Sain Tingkat SD/SMP
Aceh Pendidikan

Disdik Pidie Gelar Ujian Kelas Inti Olimpiade Sain Tingkat SD/SMP

Ketua PKK Kabupaten idie NY Mahdalena Roni Ahmad dan Plt Kadisdik Pidie Ridwan saat memantau pelaksanaan kegaiatan ujian kelas inti tingkat SD di SDN Lampoih Saka, Kecamatan Peukan Baro. Jumat (4/12). Disdik Pidie Gelar Ujian Kelas Inti Olimpiade Sain Tingkat SD/SMP. Waspada/Muhammad Riza
Ketua PKK Kabupaten idie NY Mahdalena Roni Ahmad dan Plt Kadisdik Pidie Ridwan saat memantau pelaksanaan kegaiatan ujian kelas inti tingkat SD di SDN Lampoih Saka, Kecamatan Peukan Baro. Jumat (4/12). Disdik Pidie Gelar Ujian Kelas Inti Olimpiade Sain Tingkat SD/SMP. Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pidie, Jumat (4/12) menggelar ujian kelas inti olimpiade sains nasional jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama(SMP).

Ketua PKK Kabupaten Pidie Ny. Mahdalena Roni Ahmad didampingi Plt Kadis Pendidikan, Ridwandi memantau pelaksanaan kegiatan ujian kelas inti tingkat SD tersebut yang dilaksanakan serentak di 22 titik kegiatan se Kabupaten Pidie.

Disela-sela memantau pelaksanaan kegiatan ujian kelas inti di SDN 1 Caleu, Kecamatan Indrajaya, Ny Mahdalena selain memberi semangat kepada para siswa peserta ujian kelas inti, juga mengajak para murid SD tersebut untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, baik saat berada di lingkungan sekolah maupun di rumah.

“Protokol kesehatan yang menjadi imbauan pemerintah, yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir (3M),” kata Ny Mahdalena.

Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Pidie, Ridwandi mengatakan, kegiatan ujian kelas inti, ini dilaksanakan pihaknya sebagai persiapan untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021 yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Jadi ini persiapannya untuk KSN 2021. Karena yang diperlombakan pada tingkat kabupaten, provinsi dan nasional SD dua mata pelajaran (Mapel) dan SMP empat Mapel” kata Ridwandi.

Dia mengungkapkan kegiatan ujian kelas inti tidak hanya dilaksanakan pada tingkat SD, melainkan juga dilaksanakan pada jenjang SMP. Untuk SD di Kabupaten Pidie berjumlah 279 SD. Dari total 279 SD di Pidie dibagi 22 titik kegiatan kelas inti. Begitupun SMP yang berjumlah 64 sekolah dibagi menjadi 12 rayon.

Ridwandi, menjelaskan sebelum dilaksanakan ujian kelas inti. Para siswa kelas inti sudah menjalani belajar sebayak 45 kali pertemuan. Setelah itu baru mereka melakukan ujian pertama .

“Selang empat hari, mereka melakukan ujian ke dua. Hasil dari ujian pertama ditambah hasil ujian kedua, nilai yang tertinggi itulah yang menjadi juara disetiap titik kegiatan,” kata Ridwandi, Kepala Disdik Pidie.

Untuk SMP juga sama, kata dia setelah 45 kali pertemuan kegiatan juga dilaksankan ujian dua kali. Nilai ujian pertama dan kedua ditambah, nilai yang tertinggi itulah yang nantinya juara. “ Mereka ini juga mendapat penghargaan dari dinas,” katanya. (b06)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2