Waspada
Waspada » Discovery Learning Dapat Tingkatkan Hasil Belajar Siswa
Aceh Pendidikan

Discovery Learning Dapat Tingkatkan Hasil Belajar Siswa

Syarifah Zaimah saat memberi pelajaran terhadap siswa SDN 1 Beureunuen, Pidie, Senin (9/11). Discovery Learning dapat tingkatkan hasil belajar siswa. Waspada/Muhammad Riza
Syarifah Zaimah saat memberi pelajaran terhadap siswa SDN 1 Beureunuen, Pidie, Senin (9/11). Discovery Learning dapat tingkatkan hasil belajar siswa. Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Penerapan model pembelajaran discovery learning (pembelajaran penemuan-red) dinilai bisa meningkatkan hasil belajar siswa, demikian Syarifah Zaimah, S.Pd, M.Si guru SDN I Beureunuen, Kabupaten Pidie, Senin (9/11).

Kata dia, dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukannya sejak Oktober sampai November 2020 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) I Beureunuen, Kabupaten Pidie, model pembelajaran ini dinilainya sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Dia mencontohkan pelajaran Matematika, tentang materi mengidentifikasi berbagai macam pecahan mata uang dan menentukan nilainya. Hal ini ungkap Syarifah Zaimah, terbukti pada siklus I, sebelum diberikan tindakan kelas, nilai evaluasi akhir siswa hanya 61,00 dengan tingkat ketuntasan belajar 40 persen atau delapan siswa dari total 20 siswa.

Namun ujar dia, setelah diberikan tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran discovery learning pada siklus dua, nilainya meningkat dengan rata-rata mencapai 78,75 dengan ketuntasan belajar 90 persen, atau 18 siswa dari total 20 siswa, hanya dua orang siswa atau 10 persen belum tuntas. “Bagi yang belum tuntas akan diberikan tugas mandiri,” terang Syarifah Zaimah yang akrab disapa Ipah.

Terpenting, imbuh dia, pada masa pandemi COVID-19 ini, guru harus benar-benar kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran terhadap anak didiknya, baik itu daring atau luring. Intinya sebut Ipah, media pembelajaran yang digunakan bisa membuat siswa termotivasi dan menarik sehingga siswa dapat mudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan guru. Apalagi diera abad 21 ini, guru dituntut menguasai IT. (b06)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2