Waspada
Waspada » Dirlantas Sosialisasi Disiplin Lalin 
Aceh

Dirlantas Sosialisasi Disiplin Lalin 

LHOKSEUMAWE (Waspada): Untuk menekan dan mencegah kematian di usia produktif, sebanyak 5.173 pelajar dari seluruh tingkat SLTA sederajat di Aceh, antusias mengikuti acara sosialisasi disiplin berlalu lintas bersama Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol. Dicky Sondani via metting zoom.

Demikian Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto melalui Kasat Lantas AKP Radhika Angga Rista kepada wartawan di sela kegiatan yang berlangsung di Gedung Serba Guna Mapolres Lhokseumawe, Senin (23/11).

Dikatakannya sebanyak 5.173 pelajar yang ada di seluruh daerah kab/kota Provinsi Aceh mengikuti serentak acara sosialisasi disiplin berlalu lintas ditiap jajaran Polres melalui aplikasi zoom meeting.

Khusus untuk Polres Lhokseumawe dihadiri sebanyak 300 lebih pelajar yang datang bersama dengan kendaraan sepeda motor roda dua yang lengkap surat, helm dan atribut lainnya.

Bahkan kegiatan itu juga berlangsung dengan tertib sesuai protokol kesehatan yang menyediakan kursi undangan saling jaga jarak dan wajib memakai masker dalam ruang acara.

Kasat menyebutkan dalam kegiatan itu, pematerinya adalah Dirlantas Kombes Pol. Dicky Sondani yang berdialog melalui aplikasi metting zoom memberi pemahaman dan disiplin berlalu lintas di jalan raya.

Dijelaskannya, kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan khusus hanya untuk para pelajar yang masih diusia produktif karena kebanyakan korban laka lantas yang meninggal umumnya masih belia dan produktif.

Karena selama ini jumlah angka kematian dalam kasus laka lantas dominan korbannya adalah para pelajar yang masih berusia produktif dan muda.

Sehingga sangat disayangkan harus kehilangan nyawa hanya karena tidak disiplin dan tidak mematuhi rambu-rambu berlalu lintas di jalan raya.
Maka dengan adanya kegiatan sosialisasi disiplin berlalu lintas, tentunya bertujuan untuk mencegah dan menekan angka kematian diusia produktif di jalan raya Provinsi Aceh.

Manfaat tersebut sudah dirasakan perubahannya khususnya untuk wilayah teritorial Polres Lhokseumawe terhitung hingga November tahun 2020 mencatat sebanyak 87 kasus laka lantas dan hampir sebagian besar korbannya meninggal di usia produktif.

Namun jumlah itu sudah menurun drastis dibanding 2019 sebelumnya yang mencapai 100 orang lebih.

Kasat mengharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut ke depan para generasi muda yang berusia produktif sudah saatnya menyadari agar berdisiplin dan mematuhi rambu-rambu berlalu lintas di jalan raya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menekan angka kematian laka lantas diusia produktif dijalan raya. Jangan lagi ada yang menjadi korban laka lantas, karena anak-anak diusia produktif merupakan calon penerus generasi bangsa dimasa mendatang,” pungkasnya.(b09)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2