Dirlantas Polda Aceh: Semua Pintu Perbatasan Antara Aceh dan Sumatera Dibuka
Kerahkan 1.827 Personel

- Aceh
  • Bagikan

BANDA ACEH (Waspada): Direktur Lalulintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, pihaknya memastikan tidak ada penyekatan di semua pintu perbatasan antara Aceh dan Sumatera Utara pada mudik lebaran Idul Fitri tahun 1443 H ini.

Kata dia, semua akses atau pintu perbatasan dibuka seperti biasa, layaknya sebelum pandemi Covid-19 dua tahun lalu. Kondisi ini tentu berbeda dengan lebaran Idul Fitri 2020 dan 2021, di mana pihak kepolisian dan stake holder lainnya memberlakukan penyekatan di semua pintu masuk Aceh, karena kasus Covid-19 sedang melonjak tinggi.

“Untuk tahun ini tentu berbeda dengan tahun sebelumnya.Tahun ini tidak ada penyekatan di pintu masuk. Semua pintu masuk Aceh kita buka, tidak ada penyekatan,” ungkap Kombes Pol Dicky Sondani dalam konprensi pers di Banda Aceh, Senin (25/4) sore.

Dicky menegaskan, siapa saja dari luar Aceh bisa masuk, dan yang dari Aceh bisa mudik asalkan semuanya tetap taat dan patuh protokol kesehatan, katanya.

Lebih lanjut Dicky menjelaskan, tidak adanya penyekatan tahun ini, mengacu pada kebijakan Pemerintah Pusat yang membolehkan mudik lebaran dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, termasuk vaksinasi lengkap. “Ini untuk memudahkan masyarakat, yang belum vaksin kita persilakan vaksin di sana,” katanya.

Dicky menyampaikan bahwa Ditlantas Polda Aceh bersama Dishub Aceh, Dinas PUPR Aceh, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah I Aceh, PT Jasa Raharja Aceh, BMKG Aceh, dan beberapa stakeholder lainnya, siap mengamankan perjalanan mudik Lebaran tahun 2022.

“Kita bersama-sama siap mengamankan mudik, walaupun libur kami tidak libur. Kami siap mengawal 24 jam, mengawal agar masyarakat nyaman dan aman selama mudik,” kata Dicky.

Untuk Polda Aceh sendiri, kata Dicky seperti sudah disampaikan Kabid Humas Polda Aceh sebelumnya, untuk pengamanan mudik kali ini, mengerahkan sebanyak 1.827 orang dengan perincian dari Polda Aceh sebanyak 112 orang dan Polres dan ditambah lagi dengan instansi terkait lainnya. Jadi, jumlahya bisa sampai 4000 personil, melayani masyarakat para pemudik tahun ini, katanya.

Selain itu, lanjut Dicky, pihaknya menyiapkan 32 Pospam diseluruh Aceh ditambah 29 pos pelayanan , dan 26 gerai vaksin. “Kita minta masyarakat yang belum vaksin silakan vaksin,” tutur Dirlantas Polda Aceh. (b02)

Ket foto : Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani didampingi instansi terkait, menyampaikan keterangan pers di Banda Aceh, Senin (25/4), sore. Waspada/T.Mansursyah

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.