Waspada
Waspada » Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan Lakukan Surveillance Metrologi Langsa
Aceh

Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan Lakukan Surveillance Metrologi Langsa

Waspada/dede Kadis Koperindagkop dan UKM Kota Langsa, Zulhadisyah saat menerima pihak Team Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan RI di Unit Pelayanan Tehnis Daerah (UPTD) Metrologi Kota Langsa, Rabu (4/3).

LANGSA (Waspada): Tim Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan RI melakukan Surveillance (pengawasan-red) terhadap Unit Pelayanan Tehnis Daerah (UPTD) Metrologi Kota Langsa di Gampong Birem Puntong, Kec. Langsa Baro, Rabu – Kamis (4-5/3).

Koordinator Pranata Laboratorium Kemetrologian Kemendag, Firmansyah Budiman didampingi Niko Jailani, mengatakan, tujuan Surveillance berdasarkan Permendag No. 115 Tahun 2018 tentang uji

Unit Metrologi legal. Permendag tersebut mengatur tentang penilaian terhadap unit Pelaksana Teknis dan Unit Pelaksana Teknis Daerah Metrologi Legal.

Untuk menjamin kebenaran hasil pengujian yang dilakukan oleh unit pelaksana teknis dan unit pelaksana teknis daerah metrologi legal, perlu dilakukan pengendalian melalui sistem penilaian kemampuan pelayanan tera dan tera ulang alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya.

“Tim teknis melakukan penilaian melalui verifikasi kelengkapan persyaratan administrasi penilaian kemampuan pelayanan tera dan tera ulang UPTD kabupaten/kota,” terang Firmansyah.

Hal senada juga diungkapkan Niko, hal utama yang paling penting terkait surveillance untuk dilakukan uji timbangan pasar dan SPBU yang ada di Kota Langsa. “Intinya pelayanan yang diutamakan alat ukur apa sudah diverifikasi ulang,” jelasnya.

Sambungnya, dengan dilakukan surveillance secara kontinu ini, diharapkan UPTD Metrologi Kota Langsa selalu dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dan dapat menjamin kebenaran hasil pengukuran yang dilakukan terhadap alat-alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya sehingga dapat meningkatkan tingkat kepuasan dan tingkat kepercayaan masyarakat dan pemilik alat di UPTD Metrologi.

Sementara itu Kadis Koperindagkop dan UKM Kota Langsa, Zulhadisyah, menyiratkan kedatangan tim Surveillance Direktorat Kementrian Metrologi Kementerian Perdagangan ke Kota Langsa dapat menguji dalam rangka memenuhi standar, pelayanan tera dan tera ulang, timbangan maupun kelengkapan lainnya yang lazim disebut ukur, takar, timbang dan perlengakapan lainya dapat berjalan dengan baik di Kota Langsa.

Di samping itu juga untuk menuju daerah tertib ukur di Kota Langsa, berharap dengan team surveillance adanya koordinasi dan komunikasi dengan pihak Direktorat Metrologi semangkin baik kedepannya.

“Berharap dan bermohon diberikan Tangkir Ukur Mobil (TUM) pada tahun 2021 untuk Kota Langsa oleh pihak Kementerian,” pungkas Zulhadisyah. (m43)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2