Waspada
Waspada » Dinkes Pidie Ajak Warga Konsumsi Pangan Aman Dan Sehat
Aceh Headlines

Dinkes Pidie Ajak Warga Konsumsi Pangan Aman Dan Sehat

Dinkes Kabupaten Pidie ajak warga untuk mengkonsumsi makanan sehat dan aman tanpa pengawet. Tampak Kadiskes Pidie dr Arika Aboebakar, SpOG,(K) bersama stafnya sedang mengambil hidangan yang menunya, jagung rebus, ketela dan sebagainya, Senin (24/5). Waspada/Muhammad Riza
Dinkes Kabupaten Pidie ajak warga untuk mengkonsumsi makanan sehat dan aman tanpa pengawet. Tampak Kadiskes Pidie dr Arika Aboebakar, SpOG,(K) bersama stafnya sedang mengambil hidangan yang menunya, jagung rebus, ketela dan sebagainya, Senin (24/5). Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi makanan yang aman dan sehat.

Seperti yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, Senin (24/5) pagi. Usai mengikuti apel, puluhan pegawai di lingkungan kantor Dinkes Kabupaten Pidie menyantap makanan dengan menu jagung rebus, kacang rebus, ubi rebus, penganan khas Aceh berupa leughok, dan jus pepaya.

Semua makanan yang tersaji di atas meja di ruang tunggu Dinkes Pidie tersebut, diolah tanpa menggunakan bahan pengawet dan rendah karbohidrat.

Kadis Kesehatan Kabupaten Pidie dr Arika Aboebakar, SpOG (K) menjelaskan, sejatinya kegiatan itu dilakukan pihaknya sebagai bentuk ajakan terhadap semua warga Kabupaten Pidie agar menggalakkan pola hidup sehat.

Namun, sebelum dilaksanakan secara luas, kegiatan ini dimulai dari lingkungan kantor Dinkes itu sendiri. “Kegiatan ini dari program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Kegiatan ini sengaja kami mulai dari lingkungan kami sendiri, yaitu dari lingkungan kantor Dinkes Pidie. Selanjutnya, nanti akan meluas ke seluruh Puskesmas,” kata dr Ika sapaan akrab dr Arika Aboebakar usai memimpin apel di Halaman kantor Dinkes Pidie, Senin (14/5) pagi.

Dokter Ika menjelaskan, program Germas saat ini penting digaungkan menyusul data Dinkes Pidie yang menunjukkan banyak masyarakat rentan menderita penyakit seperti hipertensi, diabetes, stroke, asam urat, kolesterol dan berbagai jenis penyakit tidak menular lainnya.

Selain itu, indeks kesehatan masyarakat masih perlu ditingkatkan lagi. Selanjutnya budaya hidup yang tidak sehat mulai dari jarang berolahraga sampai kebiasaan merokok masih menjadi pemicu utama. “Ini tentunya perlu dilakukan edukasi,” kata Kadiskes Pidie dr Arika Aboebakar, SpOG (K) yang juga Ketua IDI Kabupaten Pidie.

Karena itu, Kadiskes Kabupaten Pidie mengingatkan setiap warga, jika ingin terhindar dari penyakit-penyakit tidak menular, harus membiasakan diri hidup sehat. Caranya, rutin berolahraga dan dilakukan minimal tiga kali dalam sepekan. Selain itu makanan yang dikonsumsi harus sehat, bergizi dan berimbang. “Untuk mereka yang tidak sempat berolahraga bisa melakukan peregangan badan agar otot, tulang dan sendi tidak kaku,” katanya.

Begitupun, imbuh dr Arika Aboebakar, selama masa pandemi Covid-19, penting menjaga pola hidup sehat. Hingga saat ini Kabupaten Pidie masih berjuang melawan virus Corona. Setiap harinya kasus angka positif Covid-19 bertambah. Karena itu kata dr Ika, Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie selalu mengingatkan masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan (Prokes) karena hal tersebut menjadi kebutuhan semua.

Untuk itu, ujar dr Ika lagi, semua dianjurkan untuk meningkatkan imun tubuh supaya dapat mencegah virus Covid-19. Salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. (b06)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2