Waspada
Waspada » Dinkes Langsa Imbau Warga Waspadai Virus Corona
Aceh Kesehatan

Dinkes Langsa Imbau Warga Waspadai Virus Corona

Kadinkes Kota Langsa, dr Herman.Waspada/Ist
Kadinkes Kota Langsa, dr Herman.Waspada/Ist

LANGSA (Waspada): Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Langsa mengimbau warga agar tetap mewaspadai Virus Corona yang kini menjadi perhatian dunia maupun Pemerintah Pusat.

Kadinkes Kota Langsa, dr Herman I, kepada wartawan, Selasa (28/1) menyatakan, warga harus tetap siaga mengantisipasi Virus Corona.

Masyarakat yang mengeluhkan penyakit pernafasan diimbau segera melapor dan konsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat, terutama bagi mereka yang baru pulang dari bepergian ke luar negeri.

“Umumnya yang menjadi pembeda mungkin perlu diwaspadai bagi mereka yang baru pulang berpergian dari luar negeri, karena virus ini bisa terjangkit ketika baru pulang dari daerah terjangkit,” katanya.

Terutama bagi warga Tionghoa yang ada di Kota Langsa agar tetap dipantau dan diawasi secara bersama, baik oleh petugas kesehatan maupun pelayanan kesehatan lainnya.

“Yang dikhawatirkan pulang pergi mereka ke luar negeri, meskipun hingga saat ini belum ada laporan atas terpaparnya Virus Corona di Langsa,” ujarnya.

Di samping itu juga, diminta kepada warga agar menjaga pola hidup sehat. “Jika dua minggu setelahnya muncul gejala demam, batuk dan pilek, bisa langsung melapor,” pintanya.

Herman juga menyatakan, fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas hingga rumah sakit di Kota Langsa telah siap sedia menerima masyarakat yang mengalami keluhan infeksi pernafasan.

Kadinkes dr Herman juga meminta masyarakat menjaga pola hidup bersih dan memperhatikan nutrisi makanan agar ketahanan tubuh kuat.

Pemerintah Indonesia menetapkan Siaga 1 mengantisipasi penyebaran virus Corona yang berasal dari Tiongkok. Aparat medis dikerahkan untuk memeriksa orang-orang yang memasuki Indonesia.

Dijelaskan Herman lagi, Virus Corona telah menyebar ke sejumlah negara dan menginfeksi banyak orang. Sejauh ini belum ada laporan warga di Indonesia yang terjangkit Virus Corona.

Orang yang diduga alias suspect virus ini diketahui telah bepergian ke wilayah Tiongkok dan pulang ke Indonesia. Gejala yang dialami terduga adalah demam di atas 38 derajat, radang tenggorokan disertai flu dan batuk.

“Ketika masuk RS sudah demam di atas 38 derajat, radang tenggorokan dan flu batuk,” jelasnya. (m43)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2