Dinkes Bener Meriah Pastikan Vaksin Untuk Anak Aman

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah sedang memberikan arahan terkait vaksinasi di Aula Dinkes setempat, Jum'at (14/1). Waspada/Eri Tanara
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah sedang memberikan arahan terkait vaksinasi di Aula Dinkes setempat, Jum'at (14/1). Waspada/Eri Tanara

REDELONG (Waspada) : Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bener Meriah telah memastikan pemberian vaksinasi Covid – 19 terhadap anak dinyatakan aman.

Vaksinasi terhadap anak tersebut telah melalui pertimbangan dan kajian serta rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) melalui surat Nomor 166/ITAGI/Adm/IX/2021 9 Desember 2021 Tentang Pemberian Vaksinasi bagi Anak Usia 6 sampai 11 tahun.

Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Bener Meriah Abdul Muis saat kegiatan pembekalan sekaligus sosialisasi kepada para petugas surveilans dan Promkes Puskesmas terkait petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Aula Dinas Kesehatan setempat, Jum’at (14/1).

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan keberadaan para Petugas Surveilans sangat dibutuhkan dalam penanggulangan pandemi dan dibutuhkan mitigasi yang optimal.

“Ini untuk membuat persiapan-persiapan yang bertujuan mengurangi atau meniadakan risiko dan dampak yang merugikan kesehatan bagi masyarakat kita,” katanya.

“Kita dituntut untuk bekerja secara optimal, memberikan edukasi dan sosialisasi serta pemahaman kepada masyarakat dengan sejelas-jelasnya,” tambahnya.

Ia berharap, pelaksanaan dan layanan nantinya dapat dilakukan sesuai dengan standar yang mengacu pada Kepmenkes dimaksud dan Kepmenkes RI No. HK.01.07/MENKES/6424/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Sementara itu, sebelumnya Ketua Panita Pelaksana kegiatan yang juga Kabid P2P pada Dinkes Bener Meriah Gazali menyampaikan, di Bener Meriah sudah mulai melakukan berbagai persiapan sebelum pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Seperti yang kita lakukan pada hari ini yaitu sosialisasi dan pembekalan terlebih dahulu kepada para nakes kita yang nantinya akan dilanjutkan kepada para guru, dan orang tua/wali murid baik sekolah negeri maupun swasta,” jelasnya.

Sosialisasi dan pembekalan tersebut diikuti oleh seluruh petugas surveilans dan Promkes Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah dan dilaksanakan selama satu hari penuh.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 19.164 anak usia 6 sampai 11 tahun di Kabupaten Bener Meriah akan menjadi sasaran penerima vaksinasi Covid – 19.

sasaran vaksinasi terhadap anak di usia tersebut secara provinsi Aceh sebanyak 581.929 anak. Sedangkan secara nasional sebanyak 26,4 juta anak. (Cet)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.