Waspada
Waspada » Dinkes Aceh Tamiang Khitan Massal Gratis
Aceh

Dinkes Aceh Tamiang Khitan Massal Gratis

KADISKES Aceh Tamiang, Ibnu Azis yang datang langsung melihat pelaksanaan khitan massal gratis di Puskesmas Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa (23/2). Waspada/Muhammad Hanafiah

 

KUALASIMPANG (Waspada): Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang sudah lebih seratus orang anak yang dikhitan massal secara gratis.

Demikian Kadiskes Aceh Tamiang, Ibnu Azis kepada Waspada, Selasa (23/2). Menurutnya, pada massa pandemi Covid-19 tentu perekonomian sejumlah warga tentu ikut terdampak, sehingga Dinkes Aceh Tamiang membuat program perlu meringankan warga untuk khitan anak-anak secara gratis.

“Biasanya untuk seorang anak yang khitan di Aceh Tamiang dipungut biaya yang melakukan khitan senilai Rp500 ribu per orang. Karena ekonomi warga banyak yang lagi kesulitan, sehingga Dinkes Aceh Tamiang melaksanakan khitan secara gratis, sehingga orang tua bisa menggunakan uang untuk kebutuhan lainnya. Khitan massal secara gratis tentu sangat membantu bagi warga yang ekonominya lagi susah,” tutur Azis.

Menurut Ibnu Azis, sejak kegiatan launching beberapa waktu lalu hingga Selasa (23/2) sudah ada lebih seratus orang anak yang dikhitan massal secara gratis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang yang melibatkan Puskesmas-Puskesmas yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Baru ada dua Puskesmas tempat pelaksanaan khitan massal yaitu Puskesmas Kejuruan Muda dan Puskesmas Karang Baru dan bakal menyusul Puskesmas lainnya untuk melaksanakan khitan massal secara gratis,” ujar Azis.

Azis juga menyebutkan, masih ada 500 orang anak lagi yang sudah mendaftar untuk khitan massal secara gratis.

“Kemungkinan angka yang mendaftar untuk khitan massal secara gratis akan terus bertambah lagi jelang bulan suci Ramadhan karena liburan sekolah biasanya bakal banyak anak-anak yang khitan,”ujarnya.

Kadiskes Aceh Tamiang melalui Waspada menghimbau warga Aceh Tamiang yang ingin anaknya ikut khitan massal agar mendaftar ke Dinkes Aceh Tamiang, Puskesmas dan Datok Penghulu (kepala desa).

“Nanti akan datang petugas bersama mobil ambulan, peralatan dan obat-obatan untuk melaksanakan khitan gratis ke kampung-kampung dan Puskesmas,” pungkas Azis.(b14)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2