Dinkes Abdya Contact Tracing Keluarga Korban Covid-19

  • Bagikan
Jajaran Dinas Kesehatan, dibantu Kodim 0110/Abdya, serta Polres Abdya, melakukan contact tracing terhadap keluarga korban Covid-19 di kawasan Kecamatan Susoh, Senin (14/6). Waspada/Syafrizal
Jajaran Dinas Kesehatan, dibantu Kodim 0110/Abdya, serta Polres Abdya, melakukan contact tracing terhadap keluarga korban Covid-19 di kawasan Kecamatan Susoh, Senin (14/6). Waspada/Syafrizal

 

BLANGPIDIE (Waspada): Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya (Abdya), bekerja sama dengan TNI jajaran Kodim 0110/Abdya juga Polres Abdya, Senin (14/6) melakukan penelusuran kontak (Contact Tracing), terhadap keluarga korban terpapar Corona Virus Disease-2019 (Covid-19), yang meninggal dunia beberapa waktu lalu, di kawasan Kecamatan Susoh.

Sebagaimana diketahui, identifikasi terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien Covid-19 inilah, yang merupakan konsep contact tracing. Gagasan di balik konsep ini adalah pencegahan penyebaran infeksi ke kerumunan lebih besar atau komunitas melalui pemutusan rantai transmisi.

Kegiatan contact tracing terhadap keluarga korban Covid-19 yang meninggal dunia beberapa waktu lalu di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh, pada Jumat (11/6) lalu, di kawasan Kecamatan Susoh hari itu, dilakukan Dinas Kesehatan Abdya, melalui jaringannya yakni Puskesmas Sangkalan, Kecamatan Susoh, dibantu personel Koramil 04/Susoh jajaran Kodim 0110/Abdya, serta personel Polisi Kepolisian Sektor Susoh, jajaran Polres Abdya.

Amatan di lapangan, kegiatan contact tracing terhadap keluarga korban hari itu, langsung dipimpin Kepala Puskesmas Sangkalan dr Fanny Erlina, dibantu para pegawai Puskesmas lainnya, serta unsur TNI/Polri. Di mana, dalam kegiatan, satu persatu keluarga diperiksa kesehatan dan terus dipantau perkembangannya. Bahkan, tetangga korban pun juga ikut diperiksa kesehatannya.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo, melalui Plh Danramil 04/Susoh Serma Rony Kusmayadi di lokasi menyampaikan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk upaya dukungan tugas dan program pemerintah, dalam memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. “Kita memastikan agar penyebaran virus ini jagan sampai meluas. Untuk itu, kita lakukan contact tracing, serta kita pantau terus perkembangannya,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, untuk warga dan keluarga dekat, jika ada gejala dan permasalahan dengan kesehatan, jangan diam, segera laporkan kepada pihak kesehatan, juga terus mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah.(b21)

Baca juga:

Pasien Covid-19 Meninggal Jadi 19 Orang Di Aceh Timur

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.