Waspada
Waspada » Dilanda Kekeringan, Ratusan Jamaah Salat Istisqa
Aceh

Dilanda Kekeringan, Ratusan Jamaah Salat Istisqa

RATUSAN Umat Islam melaksanakan salat istisqa di lahan kosong di Desa Desa Bagok Panah Dua, Kec. Darul Aman, Kab. Aceh Timur, Kamis (16/1). Waspada/M. Ishak.

Pantauan _Waspada,_ sejak pukul 08:00 Wib, ratusan warga berbagai usia mulai memadati lapangan yang berada diantara area persawahan yang kering di Desa Bagok Panah Dua, Kec. Darul Aman. Selain aparatur desa dan pengurus imam mukim setempat, tampak hadir anggota DPRK Aceh Timur seperti Tgk. Tarmizi (Geuchik Midi) dan Tgk Iskandar (Tgk Ih).

Salat istisqa diawali dengan zikir dan do’a yang dipimpin Tgk. Marzuki atau akrap disapa Abati. Setelah salat yang diiringi dengan pembacaan dua rukun al-khutbah, Tgk. Marzuki mengajak jamaah dan seluruh umat Islam untuk segera bertaubat dengan sebenar-benarnya taubat, sehingga Allah menurunkan hujan.

“Mari kita bertaubat dengan mengerjakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya. Taubatlah dengan sebenarnya taubat. Perbanyak istighfar dan ramaikan salat berjamaah dan makmurkan masjid dengan pengajian,” ujar Tgk Marzuki.

Disisi lain, jika nantinya kemarau masih terus terjadi maka diharapkan pemerintah baik camat atau pihak Kantor Urusan Agama (KUA) untuk melaksanakan salat istisqa kubra. “Perbanyak infak dan sedekah serta bantu fakir miskin. Semoga Allah mengampuni dosa kita semua dan menurunkan hujan, sehingga kekeringan segera berakhir,” ujar Tgk. Marzuki.

Imam Mukim Pulo Blang, Tgk. Ibrahim, menambahkan, salat istisqa yang dilaksanakan tersebut terlebih dahulu dengan do’a selama tujuh hari diseluruh masjid dan meunasah dalam kemukiman itu.

“Kita berdoa semoga segera turun hujan, amin,. Apalagi saat ini sudah mulai berbuah, jika kekeringan ini berlanjut maka otomatis 500 hektar sawah tadah hujan akan mengalami gagal panen,” kata Tgk. Ibrahim seraya mengajak umat bertaubat dan berdoa setiap salat lima waktu. (b24).

Teks Foto:

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2