Dikeluhkan Warga, PIPA PDAM Tirta Mon Krueng Baro Dalam Got

- Aceh
  • Bagikan

SIGLI (Waspada): Pemasangan pipa air bersih PDAM Tirta Mon Krueng Baro di dalam got atau drainase dikeluhkan warga.

“Pemasangan pipa air bersih PDAM dalam got ini tidak sesuai prosedur teknis pemasangan instalasi saluran air bersih, karena bila pipa itu bocor maka air dalam got yang kotor akan tersedot mengalir ke rumah –rumah warga sehingga dikonsumsi masyarakat ” kata Asmansyah, warga Kota Sigli, Senin (22/11).

Sejatinya, imbuh Asmansyah, pemasangan pipa dapat dilakukan dengan cara instalasi tertanam dan menempel. Selain tampak rapi karena berada di dalam tanah atau dinding, bila terjadi kebocoran pipa tidak akan tersedot air kotoran dari dalam got atau drainase.

Pemasangan pipa di dalam got atau pada saluran drainase seperti terlihat di lingkungan Tanjong Harapan, Gampong Keramat Luar, Kecamatan Kota Sigli sangat meresahkan warga. Selain dapat memudahkan drainase mampet, pada musim hujan air dalam got akan meluap sehingga perkampungan penduduk akan tergenang banjir karena saluran itu mengecil disebabkan pipa PDAM.

Rizki, 40, warga Kota Sigli, lainnya mengungkapkan selama ini dirinya tidak tahu bila pipa air bersih PDAM Tirta Mon Krueng Baro, milik Pemkab Pidie itu dipasang di dalam got atau drainase. “Saya tidak memperhatikan bila selama ini pipa air bersih milik PDAM dipasang mengikuti got atau drainase. Pantas, kadang-kadang layanan air bersih berbau busuk,” katanya.

Direktur PDAM Tirta Mon Krueng Baro, Sigli, Kabupaten Pidie Drs Ridwan yang dikonfirmasi Waspada, membenarkan bila pipa air tersebut milik Perusahaan Air Minium Daerah (PDAM) yang diswakelolakan, dan instalasinya dilakukan oleh warga setempat. Namun pipa tersebut kata dia tidak bocor dan airnya tidak bau.
(b06)

Keterangan foto : Beginilah kondisi got atau drainase di lingkungan Tanjong Harapan, Gampong Keramat Luar, Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie. Sepanjang got dipasang pipa air bersih milik PDAM Tirta Mon Krueng Baro. Kondisi ini selain mengakibat pipa bocor, juga menyebabkan saluran drainase tersumbat dan sempit akibat pipa PDAM yang besar, Senin (22/11). Waspada/Muhammad Riza

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *