Waspada
Waspada » Dikejar Polisi, Kawanan Spesialis Pencuri Sapi Sembunyi Dalam Padi
Aceh Headlines

Dikejar Polisi, Kawanan Spesialis Pencuri Sapi Sembunyi Dalam Padi

Penyidik Polres Pidie sedang memeriksa salah salah seorang pencuri Sapi berinisial SS. Selasa (5/5) Waspada/IST
Penyidik Polres Pidie sedang memeriksa salah salah seorang pencuri Sapi berinisial SS. Selasa (5/5) Waspada/IST

SIGLI (Waspada): Lima orang tersangka yang diduga kawanan spesialis pencuri hewan ternak Sapi menggunakan mobil rental, lari tunggang lagang saat dikejar polisi.

Peristiwa itu terjadi di Gampong Mesjid Teumpeudeng Kecamatan Titeu, Kabupaten Pidie Selasa (5/5/2021), sekira pukul 02:00 Wib.

Sementara, satu tersangka berinisial SS, 24, warga Gampong Lueng Dama, Kecamatan Delima, Kabupaten Pidie berhasil ditangkap bersama Barang Bukti (BB) satu ekor sapi hasil curian di dalam mobil rental.

Barang bukti yang berhasil disita dari pelaku yaitu, satu ekor sapi dan satu unit mobil Daihatsu Xenia 1.3 X M/T F653RV Nomor Polisi BL 1435 PG, warna silver metalik, tahun pembuatan 2016.

Kini tersangka SS bersama Barang Bukti (BB) telah diamankan di Mapolres Pidie, sedangkan empat tersangka lainnya yang berhasil lolos dari kejaran petugas ditetapkan masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Keempat DPO dimaksud adalah FZ, 30 warga Beureunuen, Kecamatan Mutiara, RK, 24, warga Gampong Blang Paseh, Kecamatan Kota Sigli, BO, 38,warga Gampong Keumala, Kecamatan Keumala, dan BG, 38,warga Gampong Kabupaten Pidie.

Penyidik Polres Pidie menjerat kelima orang tersangka dengan Pasal 363 Ayat (1) ke-1, dan ke-4 Jo Pasal 362 KUHPidana, dengan ancaman hukuman masing-masing paling lama tujuh tahun kurungan penjara.

Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian, S.I.K,MH, melalui Kasat Reskrim AKP Ferdian Chandra, S.Sos, MH, menjelaskan, terungkapnya aksi pencurian ternak sapi ini bermula dari tersangka SS yang dihubungi tersangka BO melalui pesan chat WhatsApp. Tersangka BO dalam pesan singkatnya tersebut mengajak SS untuk melakukan pencurian hewan ternak sapi.

Selanjutnya, sekira pukul 01.30 Wib, tersangka BO menjemput SS menggunakan mobil Daihatsu Xenia 1.3 X M/T, warna silver metalik.

Kemudian tersangka SS masuk ke dalam mobil yang di dalamnya sudah ada empat orang tersangka lainnya.

Kemudian kelima tersangka pelaku langsung berjalan mencari target hewan ternak sapi yang akan dicurinya dengan menyisir kawasan jalan Beureunuen-Tangse.

Selanjutnya di tengah perjalanan sekira pukul 02.00 Wib tepatnya di Gampong Mesjid Tempeudeng Kecamatan Titeu, Kabupaten Pidie, kelima pelaku melihat ada segerombolan hewan ternak sapi sedang tidur di jalan. Tanpa pikir panjang, para pelaku melewati gerombolan sapi yang sedang tidur di jalan tersebut. Hal itu dilakukan untuk memantau situasi.

Setelah memastikan situasi aman, para pelaku memutar balik mobil dan memberhentikan mobil Daihatsu Xenia tersebut di samping gerombolan sapi yang sedang tidur di jalan Tempeudeng tersebut.

kemudian mereka keluar dari dalam mobil dan membuka pintu samping mobil dan dengan cepat menarik kaki dan juga ekor salah satu sapi yang tidur di jalan tersebut.

Barang bukti mobil rental dan satu ekor Sapi hasi curian diamankan di halaman kantor Sat Reskrim Polres Pidie. Waspada/IST
Barang bukti mobil rental dan satu ekor Sapi hasi curian diamankan di halaman kantor Sat Reskrim Polres Pidie. Waspada/IST

 

Kemudian para pelaku memasukkan sapi di bagian tengah mobil. Posisi sapi tersebut tertindih di bawah bangku tengah mobil, hal itu dilakukan supaya tidak melawan.

“Kemudian setelah memastikan bahwa lembu tersebut sudah tidak melawan lagi, kelima tersangka langsung meninggalkan tempat kejadian perkara (TKP).

Namun saat mereka melakukan aksi pencurian sapi tersebut, mereka tidak sadar apabila tim Opsnal dari Sat Reskrim bersama tim Opsnal Sat Intelkam Polres Pidie mengikuti dan mengintai pergerakan para tersangka pelaku.

Bahkan setelah para pelaku meninggalkan TKP dI Gampong Mesjid Teumpeudeng, Kecamatan Titeu, mereka dikejar dan diberikan tembakan ke udara oleh petugas sebanyak empat kali tembakan.

Dalam pengejaran itu, mobil polisi juga menyerempet mobil yang  ditumpangi pelaku, sampai berhenti karena menabrak tiang listrik.

Kemudian kata AKP Ferdian Chandra, para pelaku turun dari mobil dan melarikan diri. Sementara, mobil bersama satu ekor sapi hasil curian ditinggalkan.

Petugas yang melihat kawanan spesialis pencuri sapi tersebut kabur mencoba mengejar pelaku. Petugas kembali memberi tembakan peringatan ke atas, namun para pelaku malah lari semuanya ke arah persawahan.

Sementara, tersangka SS yang bersembunyi di persawahan tersebut dengan cara tidur di antara padi-padi persawahan, berhasil ditangkap petugas saat ia keluar dari persembunyian dan masuk ke dalam sebuah bale dayah di pinggir persawahan Gampong Langgo Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie.

“Jadi tersangka SS, ini kita tangkap saat dia mau membersihkan badannya, lalu tidak lama kemudian anggota kita datang dan langsung menangkapnya,” pungkas AKP Ferdian Chandra. (b06)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2