Dari 121 PTSL, Baru 114 SHM Selesai - Waspada

Dari 121 PTSL, Baru 114 SHM Selesai

- Aceh
  • Bagikan

SINGKIL (Waspada): Sebanyak 121 bidang tanah Sertipikat Hak Atas Tanah (SHAT) masyarakat Desa Sebatang Kecamatan Gunung Meriah, baru tuntas penyelesaiannya sebanyak 114 sertifikat. Sesuai dengan target dan quota Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Singkil sebanyak 121 persil tanah yang harus diselesaikan.

“Baru selesai 114 sertifikat dari 121 persil tanah yang sedang diproses, sisanya 7 lagi masih ditunda penyerahannya karena ada permasalaham teknis dan administrasi,” kata Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kabupaten Aceh Singkil kepada Waspada.id di Singkil, Minggu (17/10).

Begitupun katanya, terkait kendala dan proses administrasi tersebut, Reza memastikan akan segera selesai dalam waktu dekat dan akan diserahkan langsung kepada pemiliknya. “Jika setelah “clear and clean” semuanya, akan kita serahkan langsung kepada yang berhak,” bebernya.

Katanya, 114 sertifikat yang sudah dikeluarkan itu, telah diserahkan langsung kepada pemiliknya, masyarakat di Desa Sebatang Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil, Kamis kemarin

Dijelaskannya, 114 Sertipikat tanah tersebut merupakan proses dalam kegiatan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) tahun 2021 di Desa Sebatang, Kecamatan Gunung Meriah.

Penyerahannya telah diantar langsung Kakantah Muhammad Reza, ST MSi didampingi Kepala Seksi Survei dan Pemetaan Novriansyah Rosyid Hermawan, SST serta jajaran Kantah Aceh Singkil yang secara sigap dan cekatan untuk pelayanan prima dalam pendistribusian sertipikat-sertipikat yang telah selesai dikerjakan tersebut.

Dalam kesempatan ini, Muhammad Reza menyampaikan bahwa Desa Sebatang, Aceh Singkil merupakan salah satu dari 26 desa sebagai penetapan lokasi (Penlok) PTSL untuk Kabupaten Aceh Singkil tahun 2021.

Dijelaskannya, bahwa desa ini sebelumnya telah dilakukan pengukuran dan pemetaan seluruh bidang tanahnya yakni sebanyak 175 Persil PBT (Peta Bidang Tanah). Termasuk juga dipetakan bentang alam, Fasilitas Umum (Fasum), Fasilitas Sosial (Fasos), Fitur Geografis (seperti jalan, sungai, parit) serta Non Fitur Geografis lainnya (jika ada) seperti kawasan, moratorium gambut dan lain-lain, terangnya. (B25)

Keterangan Foto : Kakantah Muhammad Reza menyerahkan langsung sertifikat masyarakat Desa Sebatang dalam program PTSL tahun 202, di Kantor Kepala Desa Sebatang. Waspada/Ist

  • Bagikan