Dandim 0110/Abdya : TNI Dengan Media Tetap Seirama Sebagai Abdi Negara

Dandim 0110/Abdya : TNI Dengan Media Tetap Seirama Sebagai Abdi Negara

- Aceh
  • Bagikan
Kegiatan ‘Coffee Morning Bersama Insan Pers’ yang digelar Kodim 0110/Abdya di Coffe Nongkrong Grand Lauser Hotel, Blangpidie, Jumat (24/9). Waspada/Ist

BLANGPIDIE (Waspada): Meskipun beda warna dan fungsi, namun kemitraan antara TNI dengan media tidak diragukan lagi, tetap seirama sebagai abdi setia Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Secara garis besarnya, fungsi dan tugas serta tanggung jawab TNI sebagai tulang punggung negara mencakup ketahanan dan territorial. Sementara media, sebagai sarana kontol sosial dengan menyajikan informasi membangun, yang bermuara pada ketenteraman dan kemakmuran rakyat, dalam wilayah NKRI.

                                             

Demikian ditegaskan Dandim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), Letkol Inf Achmad Hisom Baihaki SIP, Jumat (24/9), saat mengundang puluhan wartawan yang bertugas di ‘Nanggroe Breuh Sigupai’, dalam agenda silaturrahim sambil ngopi bersama, yang dikemas dalam kegiatan ‘Coffee Morning Bersama Insan Pers’, di Coffe Nongkrong Grand Lauser Hotel, Blangpidie.

Dalam kesempatan itu, Dandim Achmad yang baru satu bulan bertugas di Abdya itu, mengajak rekan-rekan wartawan untuk senantiasa saling menjaga hubungan demi mendukung kemajuan pembangunan di kabupaten pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan 2002 lalu itu.

Dandim Achmad juga mengucapkan terima kasih banyak kepada para wartawan di Abdya, yang senantiasa mendukung segala program kemanunggalan TNI terhadap masyarakat, mulai dari Kodim hingga ke Babinsa, untuk mendampingi masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19 ini. “Alhamdulillah, Kodim 0110/Abdya mendapat apresiasi dari Kapendam IM atas capaian pemberitaan terbanyak. Semua itu tidak terlepas dari dukungan teman-teman media,” sebutnya.

Dia berharap, wartawan tetap bisa menjadi mitra dan corong, dalam mengangkat berbagai macam informasi yang sifatnya membangun. “Mari tetap kita jaga sinergitas ini untuk masa-masa berikutnya. Kalau ada sesuatu yang ingin diinfokan silahkan hubungi saya. Ponsel saya selalu stanby 24 jam,” tutupnya.

Kegiatan hari itu, dihadiri Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Achmad Hisom Baihaki, Pasi Intel Kodim Kapten Inf Fajar Setiawan, Dan Unit Intel Letda Inf Bakhtiar BAS, Humas Kodim Serda Heri Purwanto, puluhan jurnalis dari berbagai media cetak, elektronik dan online, yang tergabung dalam sejumlah organisasi, seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Persatuan Wartawan Aceh (PWA), Forum Jurnalis Aceh Barat Daya (FJA), Forum Jurnalis Abdya (Forja), Pers Teungku Peukhan (PTP), juga Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI).

Sekjen PWI Abdya Syafrizal ZA, yang merupakan salah seorang wartawan Harian Waspada, dalam kesempatan itu, mengapresiasi langkah yang dilaksanakan oleh Dandim 0110/Abdya, untuk menjamu para wartawan guna mempererat tali silaturahmi. “Semoga hubungan seperti ini tidak terputus dan akan terus terajut selamanya. Apalagi TNI dan wartawan itu dari kajian historisnya selalu bersinergi, dengan mengedepankan profesionalitas,” katanya.

Dia berharap, keluarga besar Kodim 0110/Abdya, tidak perlu sungkan untuk saling berbagi informasi, agar tidak terjadi miskomunikasi di lapangan. Menurutnya, antara TNI dengan para jurnalis, ibarat saudara satu ibu lain ayah. Di mana, saat salah seorang bermasalah, maka yang lain ibarat saudara seibu itu, akan saling bahu membahu dalam menyelesaikan masalahnya. “Biasanya, kalau dalam hal ada masalah, yang mati-matian membela itu saudara seibu. Tapi, jika soal pembagian harta warisan, itu saudara seayah yang berkuasa,” katanya, yang disambut tepuk tangan para wartawan.

Di lain pihak, Ketua Forja Abdya Alman Safriandi SP, juga dipertegas Ketua Persatuan Wartawan Aceh (PWA) Wilayah Abdya Suprian MS menyebutkan bahwas wartawan dalam bertugas di lapangan, tetap harus mengedepankan profesionalitas dan kode etik jurnalistik, agar tidak salah dalam menayangkan informasi. “Kami berharap pak Dandim bisa menjadi abang asuh kami, jika ada persoalan di lapangan, pak Dandim bisa menjadi penengah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Insya Allah, sejauh ini Kodim 0110/Abdya dan wartawan, selalu bersinergi dan akan tetap seperti itu selamanya,” harapnya.(b21)

  • Bagikan