Waspada
Waspada » Dandim 0109/Aceh Singkil Ajak PWI Jaga Keamanan Wilayah
Aceh

Dandim 0109/Aceh Singkil Ajak PWI Jaga Keamanan Wilayah

Dandim 0109 Singkil bersama Sekretaris PWI Aceh Singkil dan sejumlah wartawan lainnya, saat menggelar pertemuan di Makodim setempat, Senin (12/4). Dandim 0109/Aceh Singkil Ajak PWI Jaga Keamanan Wilayah. Waspada/ Arief H
Dandim 0109 Singkil bersama Sekretaris PWI Aceh Singkil dan sejumlah wartawan lainnya, saat menggelar pertemuan di Makodim setempat, Senin (12/4). Dandim 0109/Aceh Singkil Ajak PWI Jaga Keamanan Wilayah. Waspada/ Arief H

SINGKIL (Waspada): Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0109 Aceh Singkil mengajak wartawan yang tergabung dalam wadah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk mendukung dan bersama-sama menjaga kesatuan dan keamanan wilayah.

Hal itu disampaikan Dandim 0109/Singkil Letkol Czi Yudho Widiharto SIP saat menggelar pertemuan dengan sejumlah wartawan, yang berlangsung di Aula Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0109/Aceh Singkil, Senin (12/4).

Dalam pertemuan itu Dandim menyebutkan, TNI dan Pers memiliki tugas pokok dan fungsi kerja yang sama.
Sebagai tugas dan tanggung jawab, TNI AD memiliki peran dalam bidang pertahanan keamanan dan memberi informasi pendidikan kepada masyarakat. TNI yang menjadi garda terdepan dalam usaha mempertahankan kedaulatan negara Indonesia.

Dengan demikan ada keterikatan ketersambungan antara tugas TNI dan wartawan, yakni tugas mempertahankan kesatuan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam pertanggung jawaban sistem kesatuan rakyat semesta. Sesuai Undang-Undang nomor 34 tahun 2004, tentang tugas TNI, untuk menjaga kedaulatan dan menjaga keutuhan wilayah.

Sistem Pertahanan dan Keamanan yang bersifat semesta, harus dipersiapkan sedini mungkin. “Dengan fungsi pers perlu kolaborasi dan kerjasama dengan tugas TNI, agar seluruhnya dapat menjalankan tugas berkerjasama dan bersinergi,” ucap Dandim.

Hal ini tidak akan sempurna tanpa mitra pers. Keberadaan media yang akan menjembatani kita untuk memberikan informasi dan pendidikan masyarakat. Perlu koreksi dan arahan pers sebagai kontrol sosial, agar tercapai sesuai harapan masyarakat, tambahnya.

Sementara itu Sekretaris PWI Kabupaten Aceh Singkil Suhardi Jani Padang menyambut baik ajakan Dandim 0109/Aceh Singkil. Sebab dikatakannya, wartawan juga cinta damai dan menginginkan keamanan. Sehingga PWI dan wartawan Aceh Singkil sangat mendukung TNI dan Pers agar terus bersinergi untuk mempertahankan keamanan daerah, memberikan informasi dan pendidikan kepada masyarakat sebagai tugas dan fungsi pers.

“Wartawan juga cinta damai, kami juga ingin daerah ini tetap aman dan damai,” ucap Suhardi

Dalam pertemuan itu turut dirangkaikan dengan pemutaran tayangan film pendek, masyarakat yang mempertanyakan virus Corona, yang diproduksi oleh Kodim 0109 dan Ketua Persit KCK Kodim 0109/Singkil. tentang kegiatan penyerahan bantuan kepada fakir miskin maupun kombatan dan bantuan lainnya kepada keluarga prajurit TNI. Termasuk pemutaran video tayangan prajurit di seluruh Koramil yang ikut terlibat dalam kegiatan sosial dan kemasyarakaran. (b25)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2