Waspada
Waspada » Dandim 0106/Ateng: Silahkan Berkebun, Jangan Bakar Hutan
Aceh

Dandim 0106/Ateng: Silahkan Berkebun, Jangan Bakar Hutan

Personil Koramil Pame/ Aceh Tengah berusaha memadamkan api akibat pembakaran lahan yang dilakukan masyarakat. Waspada/dok

 

TAKENGON (Waspada): Komandan Kodim (Dandim) 0106/Aceh Tengah Letkol Inf Teddy Sofyan mengingatkan kepada masyarakat yang berkebun untuk tidak membakar hutan.

Pesan ini disampaikan Dandim Aceh Tengah, setelah pihak Koramil Pame dan lapisan masyarakat, bahu membahu memadamkan api yang menjelar diperkebunan penduduk setempat, akibat adanya pembakaran lahan.

“Alhamdulilah api berhasil dipadamkan dengan susah payah. Saya ucapkan terima kasih kepada personil Koramil Pamue, Babinkhantibmas dan masyarakat yang bahu membahu memadamkan api,” sebut Dandim 0106 Aceh Tengah Letkol Teddy Sofyan menjawab Waspada via selular, Senin (22/2).

“Silahkan berkebun, siapa saja masyarakat Aceh Tengah boleh berkebun, tetapi tidak dengan membakar lahan, karena dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” jelas Dandim.

Kebarakan yang terjadi pada Minggu (21/2), pagi menjelang siang, jelas Dandim, telah membuat pihaknya dan pihak lainya bersama masyarakat, harus bergumul dalam kepulan asap yang panas.

Kebakaran hutan disebabkan oleh seorang warga berinisial MI, 32, warga pemukiman Pame, saat membuka lahan dengan cara membakar rerumputan dan ranting kering.

Akibatnya api membesar dan merembet ke lahan hutan di Desa Blang Polim Pemukiman Pame, Kecamatan Rusip Antara, Kabupaten Aceh Tengah.

Namun kobaran api itu diluar kendali pemilik kebun, hingga merembet kemana-mana. Apalagi sudah sepekan ini memasuki masa kemarau, api semakin sulit dikendalikan, sehingga merambat membakar hutan.

“Alhamdulillah walaupun hanya menggunakan alat seadanya titik api dapat dipadamkan, karena lokasi jauh di atas perbukitan, kebakaran hutan diperkirakan seluas 4 rantai,” terang Dandim.

Teddy berpesan, saat ini memasuki musim kemarau, cuaca panas, sehingga dibutuhkan kewaspadaan untuk saling menjaga terkait kebakaran, tidak dibenarkan membakar hutan saat membuka lahan kebun, dan itu dilarang keras.

“Saya tidak mau tanpa sengaja ada masyarakat yang menjadi tersangka akibat kebakaran hutan. Untuk itu masyarakat silakan berkebun, namun jangan membakar lahan,” pinta Dandim.(b27)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2