Waspada
Waspada » Dandim 0106 Aceh Tengah Kecewa Ada Pembakaran Lahan
Aceh

Dandim 0106 Aceh Tengah Kecewa Ada Pembakaran Lahan

 

TAKENGON (Waspada): “Aduh kenapa masih ada masyarakat yang membakar lahan untuk mengolah perkebunan,” tanya Dandim 0106 Aceh Tengah Letkol. Teddy Sofyan.

Dandim 0106 mengucapkan terima kasih kepada kesatuannya dan berbagai pihak yang sudah berhasil memadamkan api di lahan perkebunan masyarakat. Namun Dandim kecewa dengan sikap manusia yang tak bertanggungjawab membakar lahan.

Hal itu disampaikan Dandim 0106 Aceh Tengah Letkol. Teddy Sofyan, menjawab Waspada Kamis, (4/3) sehubungan dengan adanya yang membakar lahan dan mengharuskan kesatuan TNI bersama Polres, Polhut dan masyarakat turun tangan untuk memadamkan api.

Adanya kebakaran lahan di Arul Kumer, Silih Nara, Aceh Tengah, akibat warga membakar lahan untuk membuka perkebunan, menurut Dandim adalah perbuatan yang salah tidak boleh dibiarkan terus berlangsung.

“Area yang terbakar ini sekitar setengah hektar. Namun karena medanya berat terjal dan curam untuk kelokasi, tidak bisa dimasuki kenderaan pemadam. Terpaksa satuan TNI, Polres, Polhut dan masyarakat yang turun kelokasi,” sebut Dandim.

Jaraknya sekitar 10 kilometer dari Arul Kumer, harus mengendarai sepeda motor kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki, demi memadamkan api. Alhamdulilah api berhasil dipadamkam, jelasnya.

Dandim meminta kepada seluruh pihak yang membuka lahan untuk perkebunan agar tidak bermain dengan api.

“Lahan itu jangan dibakar, karena dampaknya sangat besar, bukan hanya sekedar merusak lingkungan,” sebut Teddy Sofyan.

“Kesadaran kita dalam menyelamatkan lingkungan harus dipupuk, jangan latah, membakar lahan untuk alasan menggarap lahan perkebunan,” pinta Dandim (b27)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2