Waspada
Waspada » Dana Desa 24 Kecamatan, 348 Desa Belum Cair Di Aceh Timur
Aceh

Dana Desa 24 Kecamatan, 348 Desa Belum Cair Di Aceh Timur

Tenaga Ahli P3MD Aceh Timur, Yusmiadi, SE, M.Si. Waspada/M Ishak
Tenaga Ahli P3MD Aceh Timur, Yusmiadi, SE, M.Si. Waspada/M Ishak

IDI (Waspada): Dana desa 24 kecamatan, 348 desa belum cair Di Aceh Timur. Dana tahap pertama tahun 2020 hingga saat ini belum ditarik.

Padahal, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor 205 Tahun 2019, batas penarikan DD tahap terutama akhir Juni 2020.

“165 desa sudah melakukan penarikan dan pencairan DD di Aceh Timur. Ini berdasarkan laporan sementara yang masuk ke Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD),” kata Tenaga Ahli P3MD Aceh Timur, Yusmiadi, SE, M.Si menjawab Waspada, usai Rakor Pencepatan Pencairan Dana Desa Tahap I Tahun 2020, Jumat (8/5).

Tetapi, lanjutnya, 290 desa lainnya sudah diposting ke rekening desa. Data itu berdasarkan hasil koordinasi pihak P3MD Aceh Timur dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) setempat.

“Kita berharap desa-desa yang sudah melakukan penarikan dan pencairan DD tahap pertama tahun ini segera memprioritaskan untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 di desa-desa sesuai dengan angka yang diajukan,” ujar Yusmiadi.

Di sisi lain, TA-P3MD Aceh Timur itu juga mengatakan, dalam PMK RI Nomor 40 Tahun 2020 tidak disebutkan batas waktu atau deadline pengajuan Dana Desa (DD).

Kendati demikian, Yusmiadi yang akrab disapa Abu Yus itu mengharapkan DD tahap pertama tahun ini harus dicairkan seluruhnya sebelum perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah, sehingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) dapat dimanfaatkan masyarakat.

Disinggung ratusan desa yang belum diposting dana desa, Abu Yus menyebutkan, banyak desa yang belum menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) 2019, bahkan tak sedikit desa yang tidak diterima LPJ oleh masyarakat dan Tuha Peut Gampong (LPJ).

“LPJ 2019 banyak yang belum diserahkan karena TPG dan masyarakat tidak menerima LPJ yang dilaporkan kepala desa atau keuchik,” demikian Yusmiadi. (b11/B)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2