Waspada
Waspada » Daging Meugang Di Aceh Besar Dan Langsa Rp150.000/kg
Aceh

Daging Meugang Di Aceh Besar Dan Langsa Rp150.000/kg

Bupati Mawardi Ali bersama Forkopimda Aceh Besar meninjau pasar Induk Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, untuk mengecek harga daging dan harga pasar jelang Idul Adha, Rabu (29/7). Waspada/Muhammad Zairin

KOTA JANTHO (Waspada): Harga daging meugang jelang Idhul Adha tahun ini di Kabupaten Aceh Besar dijual rata-rata Rp.150.000 perkilogam.

Sementara harga kebutuhan barang-barang pokok masyarakat di Pasar Induk Lambaro masih stabil.

“Harga daging meugang tahun ini yang kita pantau masih standar, dijual dengan harga berkisar antara Rp.140.000-Rp.150.000 perkilogram,” ujar Bupati Mawardi Ali di sela-sela meninjau pasar dan harga daging, Rabu (29/7).

Peninjauan pasar oleh Bupati Aceh Besar itu, dilakukan bersama unsur Forkopimda. Hadir Dandim 0101/BS Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, mewakili Kapolres, Kejari, Asisiten I Setdakab Abdullah, Kadiskop UKM dan Perdagangan, Kasatpol PP dan WH dan pejabat lainnya.

Menurut Bupati Mawardi Ali, harga daging meugang yang dijual pedagang jelang idhul adha tahun ini di Aceh Besar masih sama dengan harga daging meugang pada hari raya idul fitri lalu. “Jadi harga masih stabil dan stok cukup,” imbuhnya.

Sedangkan harga barang- barang kebutuhan pokok masyarakat, kata Mawardi, juga masih stabil. “Tadi juga kita cek harga barang kebutuhan pokok dan harganya stabil. Hanya cabe merah yang kemarin sempat terjadi kenaikan, tapi hari ini sudah turun lagi,” imbuhnya.

Kata ia, barang-barang kebutuhan masyarakat di pusat pasar Lambaro tidak hanya kebutuhan masyarakat di Aceh Besar tapi juga stok yang dipasok untuk Banda Aceh, Sabang dan sebagian Aceh Jaya.

Hanya saja, terang Mawardi, suasana hari raya idul adha ini pembelinya yang sedikit berkurang, berbeda dengan idul fitri yang permintaannya cukup tinggi. “Mungkin karena kebutuhan masyarakat saat idul adha beda dengan idul fitri, juga faktor pandemi Covid-19,” tandasnya.

Para pedagang di pasar Induk Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, mengaku barang kebutuhan pokok pasokan aman. “Harga dan stok aman, tapi pembeli yang kurang,” kata seorang pedagang kepada Bupati Mawardi Ali.

Serupa di Langsa
Harga daging sapi di Langsa juga sekitaran angka Rp150.000/Kg, Rabu (29/7).

Adapun pedagang yang berjualan faging sapi pada meugang pertama di beberapa lokasi seperti Pasar Pagi, Depan Stadion Langsa, Asrama jalan Syiah Kuala, Simpang Matang Seulimeng, Simpang Keude Rambe – Geubudang.

“Kita jual daging sapi dengan harga Rp.150.000/kg pada meugang pertama,” ujar Awi pedagang.

Masih menurutnya, untuk saat ini tidak begitu banyak menyembelih sapi karena minat pembeli tidak begitu banyak, mengingat disetiap Gampong ada melaksanakan penyembelihan hewan qurban.

“Antusias warga pada hari pertama meugang biasa saja tidak begitu ramai, mungkin besok pada puncaknya meugang diperkirakan akan ramai pembeli,” tukas Awi. (b05/b13).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2