Waspada
Waspada » Cegah Laju Covid-19, Satgas Perlu Tertibkan Kerumunan
Aceh

Cegah Laju Covid-19, Satgas Perlu Tertibkan Kerumunan

KAPOLRES Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro SIK MH, menyematkan pita secara simbolis dalam Apel Gelar Pasukan Seulawah 2021 di Polres Aceh Timur di Peudawa, Rabu (5/5). Waspada/M Ishak
KAPOLRES Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro SIK MH, menyematkan pita secara simbolis dalam Apel Gelar Pasukan Seulawah 2021 di Polres Aceh Timur di Peudawa, Rabu (5/5). Waspada/M Ishak

IDI (Waspada): Untuk mencegah laju bertambahnya kasus Corona, pihak kepolisian meminta Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Timur untuk menertibkan setiap kerumunan, terutama buka bersama (bukber) yang mengundang orang banyak.

“Menjelang Idul Fitri 1442 hijriyah, laju kasus Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan 2,03 persen. Begitu juga Aceh Timur juga mengalami peningkatan kasus dan pasien Covid-19 yang meninggal dunia,” kata Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro SIK MH, usai Apel Gelar Pasukan Seulawah 2021 di Polres Aceh Timur di Peudawa, Rabu (5/5).

Menyusul meningkatnya kasus Covid-19, pemerintah harus mengambil kebijakan larangan mudik Idul Fitri. Meskipun kebijakan itu sulit dikendalikan, namun pemerintah dan aparat harus mampu mencegah penyebaran Covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap protocol kesehatan.

“Kita tidak boleh lengah, melalui pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 selama 12 hari (6 – 17 Mei), kita perlu prioritaskan langkah-langkah preemtif dan preventif secara humanis serta melaksanakan penegakan hukum sebagai upaya terakhir ‘ultimum remedium’ agar masyarakat betul-betul mematuhi protokol kesehatan,” ujar Eko.

Melalui upaya itu, Kapolres Aceh Timur berharap masyarakat dapat merayakan Idul Fitri tahun ini dengan penuh rasa aman dan nyaman serta terhindar dari bahaya Covid-19. “Langkah efektif untuk mengantisipasi laju penyebaran Corona yakni mendirikan posko terpadu, melakukan koordinasi dengan satgas Covid-19, patroli secara periodik,” kata Eko.

Selain itu, dia juga berharap aparat penegak hukum untuk menghindari penumpukan pengunjung, baik di lokasi objek wisata. “Kemudian nantinya tim satgas juga perlu berupaya melakukan penertiban kerumunan dan pemeriksaan kesehatan terhadap orang-orang yang curigai dan mengarah serta pemberian vaksinasi,” demikian AKBP Eko Widiantoro SIK MH. (b11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2